SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Lion Air (Dok. Solopos.com)

Pilot Lion Air mogok dan menyebabkan sejumlah jadwal penerbangan delay. Tak hanya itu, izin rute baru terancam batal.

Solopos.com, JAKARTA — Maskapai Lion Air terancam tidak bakal mengantongi izin rute baru seiring dengan aksi mogok pilot yang mengakibatkan keterlambatan jadwal penerbangan di sejumlah rute.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada Dirjen Perhubungan Udara agar memanggil Direktur Utama Lion Air. Tujuannya adalah untuk mencari penyebab aksi mogok pilot yang mengakibatkan keterlambatan jadwal penerbangan.

“Nanti kita cek, kalau memang berlarut-larut ya bisa saja nanti dikasih sanksi misalnya tidak dikasih izin rute baru,” katanya di Kompleks Istana Negara, Selasa (10/5/2016).

Bila keterlambatan berlarut-larut, lanjutnya, bisa saja izin rute existing dibekukan. Namun, pihaknya masih menunggu evaluasi yang tengah dikerjakan oleh Dirjen Perhubungan Udara yang diperkirakan tuntas dalam satu hingga dua hari ke depan.

“Intinya kalau telatnya banyak ya manajemennya belum bisa memenuhi target ketepatan waktu,” katanya. Baca juga: Pilot Lion Air Mogok, Inilah Jadwal Penerbangan Delay di Berbagai Bandara.

Sedikitnya, 18 jadwal penerbangan Lion Air Group di lima bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II mengalami keterlambatan atau delay akibat aksi mogok yang dilakukan oleh para pilot Lion Air Group tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya