SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara. (freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sendangrejo, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, yang sempat tertunda akhirnya digelar pada Selasa (27/12/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Hafid Istantio, mengungkapkan dalam Pilkades tersebut, cakades petahana memenangkan suara warga Sendangrejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Cakades petahana Laksono Tri Nugroho Wisnu Pamungkas menang,” ujarnya kepada Solopos.com lewat pesan WhatsApp, Rabu (28/12/2022).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Cakades Laksono menang dengan 1.577 suara mengalahkan lawannya Sunarno yang mendapatkan 846 suara.

“Untuk pelantikan tanggal 30 Desember bersama dengan pemenang Pilkades serentak tanggal 7 Desember lalu,” jelasnya.

Baca juga: Cakades Petahana Legawa Usai Kalah, Tak Ada Komplain di Pilkades Wonogiri

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap II serentak dijadwalkan pada Rabu (7/12/2022).

Namun, Desa Sendangrejo di Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022) .

Hafid Istantio mengungkapkan hal tersebut karena pendaftar calon kepala desa (Cakades) di desa tersebut belum memenuhi syarat.

“Itu terjadi karena ketika pendaftaran kemarin, di Desa Sendangrejo pendaftarnya kurang dari dua yang memenuhi syarat. Makanya kami perpanjang 20 hari, kami jadwal lagi untuk pelaksanaan tanggal 27 Desember,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (6/12/2022).

Hafid menjelaskan hasil Pilkades serentak akan dilaporkan panitia desa ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kemudian, BPD akan melaporkan ke bupati untuk mohon pelantikan dan surat keputusan (SK).

Baca juga: Kaum Boro Bikin Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkades Wonogiri Tak Optimal

“Kami merencanakan untuk pelantikan kades hasil Pilkades serentak pada 30 Desember sekaligus menunggu yang ditunda Pilkadesnya di Sendangrejo. Kami usahakan juga di hari yang sama. Di sana kan pelaksanannya tanggal 27, jadi nanti laporan bisa dalam satu hari. Kami kejarkan untuk SK bupati,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis (8/12/2022).

Ia berharap kedepannya semoga Kades terpilih dalam Pilkades serentak Boyolali dapat menjaga kondusifitas wilayah dan dapat melaksanakan tugas sebagai kepala desa dengan baik.

“Dapat juga mengayomi seluruh masyarakat baik yang kemarin memilih atau tidak. Jadi semuanya harus diayomi. Kemudian, pelayanan bisa juga untuk lebih ditingkatkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya