SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian suara pemilihan umum (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Pilkades serentak Gunungkidul hari ini sampai tahap puncaknya, pemungutan suara

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemilihan Kepala Desa di 58 desa di Gunungkidul digelar secara serempak hari ini. Untuk menjaga situasi tetap kondusif, pendukung dari calon diminta bersikap dewasa dalam menanggapi hasil pemilihan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Siapa pun yang tampil sebagai pemenang, tidak bisa diklaim milik perorangan atau kelompok. Namun, kemenangan ini merupakan milik bersama demi kemajuan desa yang lebih baik lagi.

Pejabat Bupati Gunungkidul Budi Antono tidak menampik suhu politik di tingkat desa meningkat seiring digelarnya pilkades. Kendati demikian, dia meminta kepada pendukung seluruh calon agar tetap tenang dan bersikap dewasa dalam menanggapi hasil pemilihan yang berlangsung hari ini.

“Beda pendapat itu boleh. Tapi yang paling penting tidak mendukung secara berlebihan dan dapat menahan diri dengan baik sehingga keamanan di wilayah tetap terjaga,” kata Budi kepada awak media, Jumat (23/10/2015).

Menurut dia, penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Legislatif atau Pemilihan Presiden harus dijadikan contoh. Tahun lalu dua gelaran tersebut bisa berjalan sukses, tanpa menimbulkan permasalahan yang berarti di masyarakat.

“Saya yakin pemilihan besok [hari ini] bisa sukses dan berjalan lancar,” ungkap mantan Kepala Dishubkominfo DIY itu.

Dia menambahkan, segala persiapan untuk pemilihan tersebut sudah dilakukan. Hingga Jumat kemarin, seluruh logistik pemilihan mulai dari surat suara, bilik suara dan kotak suara juga telah didistribusikan ke seluruh desa.

“Guna menjaga kelancaran pemilihan, selain dibentuk tim monitoring dan evaluasi yang disebar ke beberapa titik, juga melibatkan petugas dari Polres Gunungkidul maupun polsek setempat untuk pengamanan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Administrasi dan Perangkat Desa Sekretariat Daerah Gunungkidul Aris Pambudi mengakui seluruh persiapan telah dilakukan. Jumat kemarin, merupakan hari terakhir pendistribusian logistik pemilihan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara.

“Persiapan sudah matang dan tinggal melaksanakan saja,” kata Aris saat ditemu di ruang kerjanya, kemarin.

Dia menjelaskan, tahapan pilkades di Gunungkidul berjalan lancar. Meski ada sedikit permasalahan di beberapa desa, hal tersebut tidak memengaruhi jalannya pemilihan tersebut.

“Situasinya masih aman. Kami berharap keadaan ini bisa terus berlangsung baik itu saat pemilihan ataupun penghitungan suara,” ujar Aris.

Untuk diketahui, pelaksanaan pilkades serentak akan diikuti 170 calon kades (ralat sebelumnya tertulis 173 calon). Dari jumlah itu, 19 orang di antaranya merupakan calon incumbent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya