SOLOPOS.COM - Cabup petahana Wonogiri, Joko Sutopo, menyalurkan hak pilihnya di TPS 5 Mantenan, Jaten, Selogiri, Rabu (9/12/2020). (solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri telah selesai melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Wonogiri 2020 pada Rabu (15/12/2020).

Dari hasil tersebut, diketahui pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno unggul dengan perolehan 484.263 suara atau 83,32% pada Pilkada Wonogiri. Sementara itu pasangan Hartanto-Joko Purnomo memperoleh 96.964 suara atau 16,68%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menanggapi hal itu, Joko Sutopo, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Wonogiri, mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan lawannya dalam Pilkada Wonogiri 2020, baik dengan Hartanto maupun Joko Purnomo.

Kasus Covid-19 di 7 Provinsi Naik Sepekan Ini, Jateng Paling Tinggi

"Kami akan sowan kepada beliau. Beliau adalah senior kami, secara usia keduanya juga di atas kami. Beliau juga sudah mempunyai pengalaman sesuai dengan profesi masing-masing," kata dia kepada wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (16/12/2020).

Joko Sutopo yang akrab disapa Jekek itu juga akan meminta doa dan restu kepada masyarakat. Selain itu pihaknya juga akan meminta dukungan dan masukan selama ia menjabat kembali sebagai Bupati Wonogiri.

"Masukan dan aspirasi masyarakat akan menjadikan kebijakan yang konsisten dan sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. Kami akan membangun relasi dengan berbagai pihak. Intinya membangun kebersamaan adalah semangat dan visi kami," tegas dia.

Mengedepankan Kebersamaan

Jekek mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Wonogiri atas partisipasinya dalam Pilkada 2020. Selama pilkada berlangsung, masyarakat telah mengedepankan kebersamaan.

Viral Video Wanita Menghina Presiden Jokowi, Polisi Tangkap Pelaku

Masyarakat, menurutnya, juga sadar bahwa demokrasi bukan berdasarkan unsur SARA dan sejenisnya.

Jekek juga menilai saat proses demokrasi tidak ada ekses.

"Kelancaran ini merupakan keberhasilan dan kerja sama semua pihak. Hingga saat ini juga belum ada. laporan terkait adanya klaster pilkada. Namun upaya antisipasi tetap kami lakukan," kata Jekek.

Lampu Bangjo di Pintu Keluar Tol Kebakkramat Sudah Nyala Loh, Hati-Hati!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya