SOLOPOS.COM - Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto (tengah) bersama Hartanto (kiri) dan Joko Purnomo (kanan) setelah menerima surat rekomendasi sebagai cabup-cawabup pilkada Wonogiri 2020 di Kantor DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Semarang, Senin (3/8/2020).

Solopos.com, WONOGIRI - Hartanto-Joko Purnomo merupakan pasangan cabup dan cawabup yang diusung Gerindra dan PKB. Keduanya optimistis bisa mendapatkan dukungan dari PKS maupun PAN.

Seperti diketahui, Hartanto-Joko Purnomo masih membutuhkan dukungan partai parlemen untuk maju di Pilkada Wonogiri 2020. Pasalnya, koalisi Gerindra dan PKB tak cukup untuk mengusung mereka. Akumulasi dari Gerindra dan PKB adalah tujuh kursi, padahal syaratnya adalah 10 kursi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bandara Adi Soemarmo Solo Sudah Layani Rapid Test Corona 1.454 Kali, Bagaimana Hasilnya?

Oleh karenanya, mereka membutuhkan dukungan dari partai lain selain dari koalisi PDIP. Hartanto mengklaim pihaknya segera mendapatkan dukungan dari PKS dan PAN. PKS memiliki empat kursi dan PAN tiga kursi.

“PKS dan PAN sudah klir satu atau dua hari ke depan. Insyallah [rekomendasinya] sesuai permohonan kami, mudah-mudahan,” ucap Hartanto.

Di sisi lain, parpol nonparlemen di Wonogiri kompak mendukung Hartanto-Joko Purnomo. Hartanto mengklaim seluruh parpol nonparlemen telah mendukungnya.

Reaktif Rapid Test Covid-19, KPPS & Pengawas TPS Pilkada Sukoharjo Siap-Siap Diganti

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (11/8/2020), parpol nonparlemen di Wonogiri sebanyak 10 parpol, meliputi Demokrat, Nasdem, Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), dan Berkarya.

Lima parpol lainnya, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

10 Berita Terpopuler : Bos Ternak Semut Rangrang Sidoharjo Sragen Ditangkap Polda Jateng

Ketua DPC Demokrat Wonogiri, Tinggeng, Selasa, menyampaikan parpol nonparlemen di Wonogiri termasuk partainya pernah bertemu membicarakan arah dukungan politik pilkada Wonogiri 2020. Semua perwakilan parpol sepakat mengarahkan dukungan untuk Harjo.

“Saat itu perwakilan Hanura dan PSI tidak hadir, tetapi informasi yang saya terima mereka menyatakan sikap sama dengan komitmen yang dinyatakan dalam pertemuan lintar parpol nonparlemen,” kata Tinggeng saat dihubungi Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya