SOLOPOS.COM - Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta (kanan), bersama tim gabungan Satpol PP, polisi dan linmas, melepas Alat Peraga Kampanye (APK) stiker branding mobil pasangan wali kota Solo dari Koalisi Solo Bersama (KSB) pada armada angkutan umum saat penertiban di Kampug Gulon, Jebres, Solo, Selasa (15/9/2015). Panwaslu melepaskan 11 stiker branding mobil setelah dua kali memberikan peringatan kepada tim pemenangan cawali dan cawawali dari KSB. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pilkada Solo, Panwas mencopoti APK di angkuta.

Solopos.com, SOLO–Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Solo mencopoti sejumlah alat peraga kampanye (APK) bergambar pasangan Anung Indro Susanto-M.Fajri (Afi) di sejumlah angkutan kota (angkot) di Kota Solo. Pencopotan APK ini menuai protes dari tim sukses calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut satu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau memang dilarang, mestinya iklan-iklan lainnya di mobil juga dicopoti. Jangan hanya karena sekarang ada pilkada, lantas aturan ditegakkan,” ujar Sekretaris tim pemenangan Afi, Suprianto, saat ditemui Solopos.com di gedung DPRD Solo, Selasa (15/9/2015).

Dalam Perwali No. 2/2009, menurut Supri, tak disebutkan secara ekplisit larangan penempalan APK. Aturan tersebut hanya menyebutkan larangan pemasangan sebuah produk.

“Nah, kalau APK ini dianggap produk, lantas iklan-iklan lainnya itu kenapa didiamkan. Ini namanya tebang pilih,” paparnya.

Supri mengaku telah mendapatkan laporan ihwal APK bergambar pasangan Afi di sejumlah angkuta yang disikat Panwas. Sejumlah angkuta yang terjaring penertiban itu antara lain angkuta berkode 03. Supri menilai tindakan Panwas yang mencopot APK bergambar Afi dianggap lebay alias berlebihan.
Semestinya, Panwas Solo bisa melayangkan surat teguran secara tertulis dahulu kepada tim jika ingin mencopoti APK.

“Kalau main copot di jalan, ini terkesan lebay. Panwas mestinya juga fair. Jangan hanya mencopoti gambar Afi, tapi tertibkan juga iklan-iklan yang lain,” paparnya.

Politikus Partai Demokrat ini mengaku tak tahu siapa pihak yang memasang APK bergambar Afi di angkuta. Ia menduga pemasangan itu dilakukan oleh sukarelawan yang mendukung Afi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya