SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kontestasi Pilkada Solo 2020 kian ramai terutama dari jalur independen. Hingga akhir Januari tercatat sudah ada tiga pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota (cawali-cawawali) dari jalur independen yang muncul.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, pasangan calon independen terakhir yang muncul adalah Muhammad Ali Naharussurur dan Achmad Abu Jazid. Pasangan ini menggunakan akronim Alam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Utusan dari pasangan calon ini pada Rabu (29/1/2020) sore, datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo dan meminta username dan password guna memasukkan syarat dukungan ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

4 Jajanan Jadul Manis-Gurih Eksis di Solo, Pernah Coba?

Utusan bernama Agus Tunin Muhammad Syahid itu merupakan perwakilan dari Tim Solo Guyub Rukun, tim pendukungan untuk paslon Alam. Dia diterima Komisioner KPU Solo, Suryo Baruno, beserta petugas lain.

“Kemarin perwakilan paslon Alam sudah ke sini, tapi masih ada kesalahan redaksional di surat mandat sehingga hari ini datang lagi untuk menyerahkan surat perbaikan. Username dan password Silon sudah kami berikan,” ujar dia, pekan lalu.

Suryo mengatakan KPU akan memberikan bimbingan teknis (bintek) pengisian (inputing) data syarat dukungan kepada tim Solo Guyub Rukun. Bintek yang sama sudah dilakukan kepada perwakilan tim pendukung dua paslon independen lain yang muncul lebih dulu yakni Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) dan Miftah Alim Harphanto-Ronny Cahyanegara (Hero).

Tiba di Batam, WNI dari Wuhan Menuju ke Natuna

Bintek diberikan KPU Solo untuk memudahkan tim pendukung dalam pengisian aplikasi Silon. “Kami perlakukan sama semua tim yang datang. Sebelumnya kami sudah berikan bintek ke tim dari paslon Hero dan Bajo,” tutur dia.

Agus Tunin Muhammad Syahid kepada wartawan mengatakan sudah ada konsep visi misi yang diusung paslon Alam. Tapi dia mengaku tidak tahu persis lantaran hanya ditugasi mengurus aplikasi Silon.

Ihwal dukungan masyarakat untuk paslon Alam menurut dia masih terus bertambah dengan digalang ratusan sukarelawan. Mereka terus bergerak menggalang dukungan untuk Alam dari berbagai elemen masyarakat Solo.

Pesona Umbul Udal-Udalan Karanganyar, Asri Banget Loh!

“Teman-teman terus bergerak mendekati masyarakat. Ada ratusan sukarelawan yang kami sebar,” terang dia.

Agus optimistis syarat dukungan minimal untuk maju dari jalur perseorangan sebanyak 35.870 warga Solo bisa terpenuhi. Selain jumlah, syarat dukungan minimal warga Solo juga harus tersebar di setidaknya tiga wilayah kecamatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya