SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka saat mendatangi Kantor DPC PDIP Solo, Senin (23/9/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memberikan komentar terkait keputusan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, yang ingin terjun dalam kontestasi Pilkada atau Pilwalkot Solo 2020.

Menurut politikus PDIP itu Gibran memiliki hak untuk maju sebagai calon wali kota pada Pilkada atau Pilwalkot Solo 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Pilkada Solo: Sinyal Serius Gibran Terjun Ke Politik Disambut Positif

“Setiap orang berhak jika ingin maju Pilwalkot. Siapa pun boleh saja, itu kan hak. Tapi memang di partai biasanya terkait keputusan rekomendasi ada di DPP. Jadi prosesnya sesederhana itu saja,” ujar Ganjar saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (8/10/2019).

Kendati demikian, Ganjar menilai sebaiknya Gibran lebih dulu memperbanyak pengalamannya sebelum terjun ke dunia politik. Terlebih lagi usia Gibran masih terbilang muda, yakni 32 tahun dan belum berpengalaman di dunia politik.

Pengalaman politik itu, menurut Ganjar, bisa diperoleh Gibran dengan aktif berorganisasi di partai yang saat ini menaunginya, yakni PDIP.

“Menurut saya sih perlu mempersiapkan diri kalau ingin nyemplung di politik. Misalnya mencari pengalaman dengan magang, atau menjadi pengurus partai. Bisa juga jadi aktivisi politik akan lebih baik,” ujar Ganjar.

Baca juga: Viral Disebut Jadi Mendagri, Ini Jawaban Ganjar…

Ganjar menambahkan peluang semua orang, terlebih anak muda seperti Gibran untuk menjadi pejabat publik sangat terbuka lebar. Namun untuk masuk di jabatan tertentu memang dibutuhkan ilmu pengetahuan khusus dan memerlukan penyesuaian.

“Kalau mau masuk ke jabatan tertentu memang harus punya background ilmu khusus. Jadi rasanya butuh waktu untuk menyesuaikan,” jelas Ganjar.

Gibran telah resmi bergabung dengan PDIP, September lalu. Ia pun langsung mendaftar pada Pilkada atau Pilwalkot Solo 2020 sebagai kader dari PDIP PAC Banjarsari, Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya