top ear
Paslon Gibran-Teguh dan Bajo menunjukkan nomor urut yang diperoleh saat pengundian dalam Pilkada Solo 2020, Kamis (24/9/2020). (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Paslon Gibran-Teguh dan Bajo menunjukkan nomor urut yang diperoleh saat pengundian dalam Pilkada Solo 2020, Kamis (24/9/2020). (Istimewa)

Pilkada Solo 2020: Gibran-Teguh Nomor Urut 1, Bajo 2

Gibran-Teguh mendapat nomor urut 1 sedangkan Bajo nomor 2.
Diterbitkan Kamis, 24/09/2020 - 14:26 WIB
oleh Solopos.com/Kurniawan
2 menit baca

Solopos.com, SOLO – Pasangan cawali-cawawali Solo yang diusung PDIP, Gibran-Teguhmendapat nomor urut  1 di Pilkada Solo 2020. Nomor ini diperoleh dalam tahap yang dilakukan di The Sunan Hotel Solo, Kamis (24/9/2020) siang.

Sedangkan rival mereka, pasangan dari jalur perseorangan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo alias Bajo mendapatkan nomor urut 2. Pantauan Solopos.com, pengundian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari pembatasan jumlah orang yang bisa masuk ruangan, pengecekan suhu tubuh, serta penggunaan masker.

Berdasarkan PKPU Nomor 13/2020, hanya pasangan cawali-cawawali dan LO yang boleh memasuki ruang rapat pleno terbuka. Sedangkan untuk awak media, KPU Solo membatasi jumlah yang bisa masuk, yaknni hanya 20 wartawan.

Dory Harsa Dipecat Sejak Maret, Putus Komunikasi dengan Keluarga Didi Kempot 

Pengundian nomor urut diawali pengundian angka satu hingga sembilan oleh cawawali, Teguh Prakosa dan F.X. Supardjo. Mereka diminta mengambil masing-masing satu dari sembilan botol hand sanitizer yang disiapkan.

Botol-botol itu berisi angka satu hingga sembilan. Pengundian angka untuk menentukan siapa yang memilih terlebih dulu saat pengundian nomor urut. Hasilnya, Teguh mendapat angka satu sedangkan Supardjo mendapat angka sembilan.

Dengan begitu pasangan Gibran-Teguh yang berhak memilih terlebih dulu saat pengundian nomor urut. Saat pengundian nomor urut, KPU Solo menggunakan dua padasan sebagai wadah gulungan kertas berisi nomor urut.

Padasan

Dari dua padasan yang disediakan, pasangan Gibran-Teguh yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih kompak memilih di sisi kanan atau yang paling dekat dengan posisi mereka berdiri.

Sedangkan pasangan Bajo otomatis mendapat padasan satunya yang berada di sebelah kiri atau berada paling dekat dengan mereka.

Solo Kondusif, Danrem Warastratana: Kerja Sama Sip TNI, Polri, dan PSHT 

Setelah dipastikan padasan mana yang dipilih, selanjutnya pasangan Gibran-Teguh dan Bajo membuka bersama padasan itu. Pembukaan padasan diawali dengan melepas segel yang menempel di penutup padasan lalu mengambil gulungan kertas di dalamnya. Sejurus kemudian mereka membuka bersama gulungan berisi nomor urut itu.

Setelah dibuka, pasangan Gibran-Teguh mendapat nomor urut 1 dan Bajo 2. Selanjutnya mereka menandatangani berita acara penetapan nomor urut paslon wali kota dan wawali.

“Foto di berita acara ini untuk penetapan undian nomor urut, yang di kertas suara bisa foto yang berbeda,” ujar Nurul Sutarti, Ketua KPU Solo.


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini