SOLOPOS.COM - Pasangan Yuliyanto-Muh. Haris mengumumkan hasil penghitungan suara yang memenangkan mereka di Posko Pemenangan Yaris, Jl. Merdeka Selatan, Sidorejo Lor, Salatiga, Rabu (15/2/2017). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Pilkada Salatiga diklaim pasangan Yuliyanto-Muh. Haris (Yaris) telah mereka menangani meskipun pengumuman hanya mereka dasarkan penghitungan cepat atau quick count.

Semarangpos.com, SALATIGA Pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Salatiga nomor 2 Yuliyanto dan Muh. Haris (Yaris), Rabu (15/2/2017) sore, mengumumkan kemenangan mereka dalam Pilkada Salatiga 2017 di Posko Kemenangan Yaris, Jl. Merdeka Selatan, Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Klaim kemenangan ini diumumkan Yaris menyusul hasil penghitunga cepat atau quick count yang dilakukan Media Survei Center Indonesia (MSCI). Dalam survei itu, MSCI menyebutkan bahwa Yaris unggul tipis atas lawannya, pasangan Agus Rudianto-Dance Iskak Palit (Rudal). Yaris meraih perolehan surat suara mencapai 51%, sementara Rudal hanya 49%.

Ekspedisi Mudik 2024

Padahal, saat itu, perhitungan cepat belum sepenuhnya selesai dilakukan atau baru sekitar 90%. Namun, hasil itu sudah membuat Yaris percaya diri.

“Hanya tinggal 10%, kami yakin perolehan itu tidak berubah. Insya Allah kami menang dalam Pilkada kali ini,” ujar calon wali kota dari Paslon Yaris, Yuliyanto, saat sesi jumpa pers di Posko Kemenangan Yaris, Rabu sore.

Klaim Yuliyanto ini pun disambut sorak sorai puluhan pendukungnya yang memadati Posko Kemenangan Yaris. Beberapa pendukung bahkan segera melakukan sujud syukur dan mencium kaki Yuliyanto dan Haris.

Sementara itu, Haris mengaku sempat tegang dengan hasil Pilkada Salatiga 2017 ini. Bahkan, sambil menunggu proses penghitungan cepat politikus PKS itu sempat berjalan mondar mandir di ruang tamu kediaman Yuliyanto yang terpampang layar penghitungan cepat atau quick count.

“Tadi sempat tegang. Tapi setelah angka quick count 70% dan kami masih unggul, saya bisa lega. Tapi, sebenarnya kami pasrah. Jika menang itu karena warga Salatiga menginginkan, tapi kalau tidak ya pasrah dengan kehendak Allah,” beber Haris.

Sementara itu, hingga 95% penghitungan cepat pada pukul 16.30 WIB, Yaris masih unggul pada angka 50,93% berbanding 49,07%. Hasil itu berdasarkan penghitungan 99.827 surat suara sah yang masuk, dengan 50.842 suara memilih Yaris dan sisanya memilih Rudal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya