SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanda setelah pemungutan suara pemilu. (JIBI/Bisnis/Rahmatullah)

Pilkada Salatiga jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 129.930 orang, yang mayoritas merupakan perempuan.

Semarangpos.com, SALATIGA – Komite Pemilih Umum (KPU) Kota Salatiga menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2017 di Salatiga mencapai 129.930 orang. Jumlah pemilih sebanyak itu mayoritas berasal dari kalangan perempuan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pemilih di Salatiga didominasi perempuan,” ujar Putnawati dilansir laman berita Antara, Senin (12/12/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Putnawati menyebutkan pemilih sebanyak itu tersebar di empat kecamatan, yakni Tingkir, Sidorejo, Sidomukti, dan Argomulyo. Adapun perincian jumlah pemilih itu terdiri dari 62.918 laki-laki dan 67.012 perempuan.

Putnawati menambahkan jumlah DPT itu berkurang dari jumlah daftar pemilih sementara (DPS) yang sebelumnya diterima, yakni 130.355 orang,

Meski demikian, ia berharap jumlah DPT itu bias diterima semua lapisan masyarakat. Jika ada warga yang terlewat dalam DPT itu, Putnawati pun meminta warga Salatiga bias menyampaikan hak pilihnya dengan menunjukkan kartu identitas diri resmi.
Sementara itu, Ketua Panwas Kota Salatiga, Arsyad Wahyudi, mengatakan pemilih yang belum masuk dalam DPT masih bisa masuk dalam daftar pemilih tambahan.

Berkaitan dengan turunnya jumlah DPT dibanding DPS, kata dia, memang didasarkan atas temuan panwas yang sudah disampaikan ke KPU.

“Temuannya seperti nama ganda, pemilih di bawah umur, hingga pemilih dengan usia yang tidak lazim,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya