SOLOPOS.COM - Pertemuan Fraksi PDI Perjuangan, Minggu (7/9/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Hardian Wicaksono)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan internal partai tidak akan mengajukan uji materi atau judicial review UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tetapi PDIP akan memberikan dukungan kepada elemen masyarakat yang bergerak memperjuangkan hak kedaulatan rakyat dalam rangka untuk memilih para pemimpinnya. “Kita tidak bertindak secara langsung, bahwa tugas kami mengorganisir kekuatan rakyat itu,” katanya di Kantor Transisi Jl Situbondo, No. 10, Menteng Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, standing position atau pihak yang dirugikan dalam keputusan RUU Pilkada lewat DPRD adalah rakyat, di mana ada kebijakan yang langsung mencerabut hak politik rakyat sehingga otomatis rakyat akan bergerak.

“Justru di sini kita akan melihat ada suatu kekuatan-kekuatan yang memaknakan kekuasaan secara berlebihan sampai melupakan bahwa itu berasal dari rakyat, dan ini akan berhadapan dengan kekuatan rakyat sendiri,” jelasnya.

Presiden sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan kekecewaannya terhadap hasil tersebut sehingga akan mengajukan judicial review UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hasto menilai hal itu sebagai upaya penghalusan atas persoalan yang muncul.

“Upaya Pak Presiden SBY dengan meminta [judicial review] saya pikir itu suatu bentuk penghalusan atas berbagai persoalan yang muncul. Seharusnya itu tidak boleh terjadi dan saya melihat rakyat kritis kok,” ujarnya.

Rakyat sudah menganalogikan mengapa kejadiannya tepat ketika presiden sedang berada di luar negeri. Itu sama dengan persoalan-persoalan terkait dengan hal lain sehingga dimungkinkan akan muncul serial siapa yang akan menjadi tumbal.

PDIP menegaskan apapun sudah menjalankan tugas konstitusional sebaik baiknya dan apa yang terjadi di parlemen tidak akan menyurutkan langkah bahwa Jokowi sosok presiden yang dipilih oleh rakyat.

“Siapapun yang menyatu dengan kekuatan rakyat akan mampu menghadapi berbagai macam rintangan, apalagi rintangan ini hanya didorong oleh ambisi kekuasaan saja,” kata Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya