SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Pilkada Kulonprogo akan digelar tahun depan, pencalonan di tingkat partai politik sudah dimulai

Harianjogja.com, JOGJA-Partai Golkar memastikan dirinya merapat kepada PDI Perjuangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kulonprogo 2017. Deklarasi dukungan terhadap Hasto Wardoyo sebagai bakal calon bupati yang telah diusung partai berlambang kepala banteng itu rencananya digelar akhir pekan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kulonprogo, Djuwardi mengungkapkan rekomendasi terkait Pilkada 2017 dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) memang belum resmi turun.

Namun, pihak DPP disebut sudah bertemu dan menjalin komunikasi dengan Hasto. Pertemuan itu lalu membuahkan kesepakatan untuk memberikan dukungan kepada sang incumbent.

“Rekomendasi belum turun tapi DPP sudah menyampaikan isi kesepakatan untuk mengusung Hasto sebagai calon bupati,” kata Djuwardi, Rabu (17/8/2016).

Djuwardi memaparkan, kesepakatan tersebut juga dituangkan dalam sebuah pakta integritas. Menurutnya, Partai Golkar sudah memiliki satu kesepahaman dengan Hasto. Selain berpartisipasi dalam upaya pemenangan Pilkada 2017, Partai Golkar juga bakal mendukung pemerintahan dibawah kepemimpinan Hasto apabila kembali terpilih.

Deklarasi dukungan terhadap Hasto sebagai bakal calon bupati rencananya digelar di Kantor DPD Partai Golkar Kulonprogo, Sabtu (20/8/2016) besok. Sekitar 500 kader, pengurus, dan tokoh partai diperkirakan hadir pada acara itu. Perwakilan DPP Partai Golkar juga dijadwalkan datang untuk membacakan rekomendasi resmi.

“Soal posisi wakil bupati, itu diserahkan kepada Pak Hasto,” ucap dia menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Sudarto mengatakan jika Partai Golkar telah memberi sinyal positif untuk merapat dalam upaya pemenangan Pilkada 2017 mendatang.

Namun, Partai Golkar masih harus menunggu keputusan rekomendasi dari pusat. Meski begitu, hal itu tidak terlalu dipermasalahkan karena PDI Perjuangan pada dasarnya masih membuka pintu koalisi bagi partai apapun.

“Golkar sudah menyatakan ingin bergabung tapi rekomendasinya belum keluar,” ujar Sudarto pada acara deklarasi Hasto Wardoyo dan Sutedjo sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati, Senin (8/8/2016) pekan lalu.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kulonprogo, Sihabudin menyatakan tahapan internal partai masih berjalan. Selain mengadakan pertemuan bersama kader dan pengurus, PKB pun melakukan komunikasi intensif dengan sejumlah calon yang mendaftar.

Diantaranya mantan wakil bupati Kulonprogo periode 2006-2011 bernama Mulyono dan Fidelis Indriarto, mantan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DIY pada pemilihan legislatif 2014 lalu.

Sihabudin pun menyatakan masih menjalin komunikasi dan koordinasi bersama koalisi Gerbangnasdem yang terdiri dari Partai Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan PKB sendiri. “Kami masih mencari formula yang paling pas,” ungkap Sihabudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya