SOLOPOS.COM - Juliyatmono (kanan) melakukan salam komando dengan Paryono (dua dari kanan) dan Rober Christanto (kiri) di DPRD Karanganyar, Sabtu (27/1/2018) malam. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Kisah Juliyatmono dan Paryono yang pada Pilkada Karanganyar 2013 lalu lawan kini menjadi kawan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Juliyatmono kulanuwun di hadapan pengurus, kader, sayap partai, dan satuan petugas (satgas) PDIP Karanganyar di Gedung DPRD Karanganyar, Sabtu (27/1/2018) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum berpidato kurang lebih setengah jam, Juliyatmono juga saling berangkulan dan melakukan salam komando dengan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng, Paryono. Sebagaimana diketahui, Juliyatmono yang juga Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar pernah berduel dengan Paryono di Pilkada 2013. Tapi di Pilkada 2018, Juliyatmono dan Paryono sepakat menutup “lembaran” masa lalu itu.

Saat ini, Juliyatmono dan Paryono adalah kawan satu koalisi. Mereka berkomitmen menjalankan instruksi partai masing-masing. Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri, sudah mengeluarkan rekomendasi mendukung Juliyatmono-Rober Christanto sebagai pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Karanganyar.

Baca:

Inilah Sosok Rober Christanto, Cawabup Karanganyar Pendamping Juliyatmono

Punya Harta Rp21,11 Miliar, Rober Christanto Paling Kaya

Rekomendasi yang sama juga dikeluarkan Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di pilkada 2018. Berangkat dari instruksi ketum partai politik (parpol) masing-masing, Juliyatmono dan Paryono saling berjabat tangan. Di hadapan warga PDIP dan parpol pengusung lainnya, Juliyatmono dan Paryono untuk kali pertama saling memuji satu sama lain.

Kegiatan bertajuk Konsolidasi Struktural DPC PDIP Karanganyar dalam rangka Pemenangan Pilkada 2018 juga dihadiri parpol pendukung Juliyatmono-Rober Christanto lainnya, seperti Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, Partai Hanura, PPP, dan PAN. “Bersatunya” Juliyatmono degan Paryono dinilai telah menjadi bukti dunia politik merupakan the art of the possible.

“Rasanya, saya sudah pengin seperti ini sejak dahulu. Saat ini, saya sudah menjadi keluarga panjenengan. Aja mbok siya-siya. Yang lalu biarlah berlalu, mari bergerak untuk ke depan yang lebih baik. Bung Karno itu juga bapakku karena Bung Karno adalah founding father bangsa ini. Saya maturnuwun sekali ke Pak Paryono yang telah menggerakkan ini semuanya,” kata Juliyatmono disambut tepuk tangan warga PDIP dan perwakilan partai pendukung.

Pada kesempatan itu, Paryono juga menyanjung Juliyatmono. Paryono mengajak seluruh kader PDIP bekerja keras memenangkan Juliyatmono-Rober Christanto di Pilkada 2018.

“Saya dengan Pak Juliyatmono itu dahulu musuhan, tapi saiki kekancan. Saat berpidato tadi, saya melihat Pak Juliyatmono justru wis kaya wong PDIP, lali yen deweke ketua Partai Golkar. Wingi kanca-kanca PDIP nguya-nguya [Juliyatmono], saiki wis ora. Saiki ya kanca, ya sedulur. Kondisi di PDIP memang seperti ini. PDIP adalah partai paling demokratis. Ketika ada yang kaget [menyikapi rekomendasi partai], itu hal biasa. Tak perlu berlama-lama kagetnya. Untuk warga PDIP, kami berharap segera beradaptasi dan menjalin komunikasi yang intens. Ora sah samar, Pak Juliyatmono tentu juga akan makani banteng,” katanya.

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Endang Muryani, mengatakan konsolidasi PDIP kali ini diharapkan dapat memberikan energi tambahan bagi warga PDIP untuk memenangkan Juliyatmono-Rober Christanto di pilkada 2018.

“Di konsolidasi partai kali ini, kami mendatangkan Juliyatmono-Rober Christanto sebagai pasangan calon. Bagi PDIP sudah menjadi harga mati selalu menaati perintah partai. Ke depan, kami berharap semuanya dapat menjemput bola sampai anak ranting,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya