SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil dan Atalia Praratya (Instagram @ridwankamil)

Survei Indo Barometer menunjukkan Ridwan Kamil di posisi teratas untuk Pilkada Jabar dengan berbagai variasi lawan.

Solopos.com, JAKARTA — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Kang Emil) menempati posisi teratas dalam elektabilitas Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018 dengan simulasi empat nama calon gubernur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu ditunjukkan hasil survei yang dipublikasikan Indo Barometer dengan memaparkan berbagai simulasi persaingan di Pilkada Jabar. Survei itu dilaksanakan di provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia tersebut pada 11-15 Oktober 2017.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, Ridwan Kamil (Kang Emil) memperoleh 41,6% dukungan publik. Raihan suaranya disusul oleh Dedi Mulyadi (18,9%), Deddy Mizwar (14,2%), Dede Yusuf (2,9%), Abdullah Gymnastiar (2,4%), dan lainnya.

Sementara yang belum memutuskan atau tidak memberikan jawaban, jumlahnya sebanyak (16,9%). “Sedangkan pilihan calon gubernur untuk delapan nama (pertanyaan tertutup) Ridwan Kamil meraih 41,6%,” ujar Qodari, Jumat (3/1/2017). Baca juga: Elektabilitas Ridwan Kamil di Puncak Survei SMRC.

Sementara itu, berdasarkan enam variasi simulasi dengan empat nama pilihan calon gubernur, Ridwan Kamil masih menunjukan paling teratas dibanding nama-nama lainnya.

Berikut enam variasi simulasi dengan empat nama calon gubernur:

1. Ridwan Kamil (43,8%), Dedi Mulyadi (19,6%), Deddy Mizwar (17,1%), dan Dede Yusuf (4%). Sisanya rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.
2. Ridwan Kamil (45,1%), Dedi Mulyadi (18,9%), Deddy Mizwar (17,6%), dan Rieke Diah Pitaloka (1,6%). Sisanya tidak akan pemilih/rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.
3. Ridwan Kamil (43,9%), Dedi Mulyadi (19,1%), Deddy Mizwar (17,8%), dan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) (3%). Sisanya rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.
4. Ridwan Kamil (45,3%), Dedi Mulyadi (19,2%), Deddy Mizwar (16,9%), dan Puti Guntur Soekanoputri (1,4%). Sisanya rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.
5. Ridwan Kamil (44%), Dedi Mulyadi (19%), Deddy Mizwar (18.1%), dan Agus Harimurti Yudhoyono (2,1%). Sisanya rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.
6. Ridwan Kamil (47.9%), Dedi Mulyadi (20.5%), Dede Yusuf (6.7%), dan Rieke Diah Pitaloka (2%). Sisanya tidak akan memilih/rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya