SOLOPOS.COM - Ruhut Sitompul (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada DKI gaungnya sudah mulai memanas. Terakhir Fahri Hamzah usul untuk menyeragamkan formulir calon independen.

Solopos.com, JAKARTA – Usulan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah untuk menyeragamkan formulir calon independen di KPU dianggap mengganjal Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul pun meminta Fahri sadar diri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ahok itu pasti menang. Saya ini tokoh penggerak Teman Ahok, kita ini akan lebih dari 1 juta KTP. Kalau Fahri ini, kan kita sudah tahu. Sudah, sadarlah,” kata Ruhut saat diwawancara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, kepada detikcom, Rabu (8/6/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Ruhut menuturkan bahwa UU yang ada selama ini memang sudah memberikan kesempatan bagi calon independen. Hanya saja, dia melihat semua kini kebakaran jenggot setelah Ahok memilih jalur tersebut.

“Dalam hukum, tidak ada berlaku surut. Semua UU yang berkaitan independen, Pak Ahok, itu kami buat sebelum ramai-ramai kebakaran jenggot tahu kehebatan independen ini,” ungkap anggota Komisi III DPR ini.

Menurutnya, Fahri yang sudah dipecat PKS juga harus sadar diri. Ruhut. Mengutip pernyataan Ahok, Ruhut menyebut sudah tidak ada tempat bagi wakil rakyat tanpa partai di DPR.

“Ini DPR, beda dengan DPD. DPD itu independen. Dia enggak pantas lagi di sini. Di sini kita mewakili partai. Partainya sudah memecat dia, apalagi sih,” ujar Ruhut.

Sebelumnya PKS memang telah memecat Fahri Hamzah, dan posisi Wakil Ketua DPR pengganti dia diganti oleh Ledia Hanifah. Tetapi Fahri lalu menggugat PKS ke Pengadilan Jakarta Selatan. Secara aturan gugatan ini memang menghalangi pemecatan Fahri sebagai anggota DPR, namun bukan penggantian posisinya sebagai Wakil Ketua DPR.

Ahok sendiri saat ditanya tidak menanggapi langsung soal usulan penyeragaman formulir KPU itu. Dia lebih memilih membahas posisi Fahri.

“Ya enggak apa-apalah, dia Wakil Ketua DPR independen kok, nggak ada partainya. Jadi Fahri Hamzah sama saya itu saingan saja. Gue sama dia kan independen,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/6/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya