SOLOPOS.COM - Pasangan Said-Irawan, mengambil undian posisi atau tata letak gambar pasangan calon dalam kertas suara Pilkada 2020 di Kantor KPU Boyolali, Kamis (24/9/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Pasangan Muhammad Said Hidayat dan Wahyu Irawan mendapatkan posisi kiri dalam undian tata letak gambar pasangan calon pada kertas suara di Pilkada Boyolali 2020.

Sementara untuk posisi kanan, secara otomatis akan diisi kolom kosong. Pilkada di Boyolali memang beda karena hanya ada satu calon alias calon tunggal. Pasangan Said-Irawan bakal berhadapan dengan kotak kosong.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengundian posisi pasangan calon tersebut telah dilaksanakan dalam rapat pleno yang digelar secara terbuka di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Kamis (24/9.2020).

Pandemi Covid-19, Jemaah Pengajian di Colomadu Karanganyar Ini Sukses Ternak Kelinci

Pengambilan undian langsung dilakukan oleh pasangan calon yang ditetapkan. Di Boyolali hanya ada satu pasangan yang ditetapkan sebagai peserta pada Pilkada 2020, yakni pasangan Said dan Irawan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pengambilan undian dilakukan oleh Said sebagai calon bupati Boyolali. Dia didampingi Irawan sebagai calon wakil bupati Boyolali, serta jajaran komisioner KPU Boyolali dan Bawaslu Boyolali.

Undian dilakukan dengan memilih bola plastik berisi tulisan keterangan posisi, yang ditempatkan pada bejana kaca transparan. Setelah memilih salah satu bola kaca, Said menyerahkannya kepada Irawan untuk dibuka.

Solopos Institute Luncurkan Program Literasi Keberagaman untuk Sekolah

Tetap Disyukuri

Dia juga menunjukkan kertas yang berada di dalamnya secara bersama-sama. Di kertas yang dipilih Said itu ada tulisan kiri yang berarti itulah posisi pasangan ini di surat suara Pilkada 2020.

"Tadi kami sudah mengambil bola undian. Sudah kami baca dan kami tunjukkan, tertulis kiri. Di posisi mana pun kami syukuri. Semoga nantinya dalam pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berjalan aman dan lancar," kata Said kepada wartawan di Kantor KPU Boyolali, Kamis.

Sementara itu, Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, mengatakan pada Kamis KPU Boyolali sudah melakukan tahapan pengundian tata letak posisi paslon.

Partisipasi Pemilih Pilkada Wonogiri Selalu Kurang dari 70 Persen, Tahun Ini Gimana?

Dia menjelaskan posisi yang tertera pada kertas undian adalah posisi dilihat dari sudut pandang pemilih. Dengan demikian, foto pasangan Said dan Irawan bakal berada di sisi kiri kertas suara pilkada.

"Tadi sudah diambil di hadapan semua yang hadir, sudah kami tetapkan calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Boyolali 2020, M. Said Hidayat dan Wahyu Irawan, dalam pengundian mendapatkan sebelah kiri," kata dia.

Kemudian untuk pilihan selain pasangan calon tersebut, yakni kolom kosong, nantinya pada surat suara akan menempati posisi kanan. "Bahasanya kolom kosong, yang [nanti] ada di sebelah kanan dilihat dari sisi pemilih melihat surat suara," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya