SOLOPOS.COM - Politikus PDIP Ganjar Pranowo dan politikus PPP Taj Yasin peserta bernomor urut 1 dalam pilkada atau Pilgub Jateng 2018. (ppp.or.id)

Pilkada 2018 diwarnai dukungan Golkar ke pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimun di Pilgub Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Ajakan Partai Gerindra kepada Golkar untuk mengusung Sudirman Said-Ida Fauziyah pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 bertepuk sebelah tangan. Partai berlambang pohon beringin itu rupanya lebih memilih mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimun yang lebih dulu diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng, Iqbal Wicaksono, menyatakan partainya sudah memutuskan sikap dukungan di pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018. Keputusan dari DPP Golkar akhirnya menentukan arah dukungan partai berlambang pohon beringin itu kepada Ganjar-Yasin dan bukannya Sudirman-Ida.

“Ketum DPP Golkar, Arilangga Hartanto, sudah memutuskan. Di Pilgub Jateng kali ini kami ikut mengusung pasangan Ganjar-Gus Yasin,” jelas Iqbal dalam pesan singkat kepada Semarangpos.com, Selasa malam.

Sudirman Said yang kini maju sebagai calon gubernur Jateng adalah tokoh antikorupsi yang tercatat sebagai salah seorang pendiri Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI). Kiprahnya moncer kala sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menyingkap skandal Papa Minta Saham PT Freeport Indonesia oleh dedengkot Partai Golkar masa itu, Setya Novanto. Tak lama setelah insiden tersebut, nama Sudirman Said dicoret dari kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua DPD Golkar Jateng, Wisnu Suhardono. Wisnu menyatakan Golkar lebih cenderung mengarahkan dukungan ke Ganjar Pranowo. “Arahnya seperti itu [dukungan ke Ganjar]. Untuk kepastian resmi, besok [Rabu, 10 Januari 2018],” tulis Wisnu dalam pesan singkat via aplikasi WA ke Semarangpos.com, Selasa.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengajak Partai Golkar untuk bergabung mendukung Sudirman-Ida. Ajakan itu disampaikan Sriyanto menyusul tidak hadirnya Golkar sebagai partai pengusung saat pasangan Ganjar-Yasin menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran peserta Pilgub Jateng 2018 ke kantor KPU Jateng di Jl. Veteran No. 1 A Kota Semarang, Selasa sore.

“Golkar kan tadi tidak turut serta dalam pendaftaran pasangan sebelah. Mari bersama menyatukan segala potensi di Jawa Tengah untuk memenangkan Sudirman-Ida,” jelasnya.

Namun meski tidak hadir dalam pendaftaran Ganjar-Yasin di KPU, beberapa anggota Golkar dikabarkan ikut serta mendampingi pasangan Ganjar-Yasin. Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, yang didapuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Yasin, bahkan menyatakan secara lisan Golkar sudah menyatakan dukungan kepada pasangan yang diusung partainya tersebut.

“Golkar sudah menyatakan dukungannya ke Ganjar-Yasin. Hanya tinggal menunggu rekomendasi dari pusat [DPP Golkar]. Mungkin keputusannya malam ini [Selasa, 9 Januari 2018],” ujar Bambang saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa petang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya