SOLOPOS.COM - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskanda (dua dari kiri) bersama Marwan Jafar (tiga dari kiri) saat akan melantik pengurus Korcab PMII Jateng periode 2017-2021 di Gedung Gradhika Bhakti Praja di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/5/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018, dari PKB dipastikan akan mengusung Marwan Jafar maju sebagai calon gubernur (cagub).

Semarangpos.com, SEMARANG – Dewan Pimpinan Partai (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan mengusung kader terbaiknya, Marwan Jafar, maju pada pemilihan gubernur atau wakil gubernur (pilgub) atau yang lebih populer disebut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2018 nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar seusai melantik pengurus Koordinator Cabang (Korcab) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jateng, Kamis (11/5/2017).

“Kami sudah menyiapkan Pak Marwan menjadi gubernur, tinggal mencari teman koalisi sekaligus pasangan dari parpol [partai politik] lain. Kami akan terus tawarkan ke partai-partai lain untuk berkoalisi dengan PKB,” ujar Muhaimin saat dijumpai wartawan.

PKB memang harus berkoalis dengan partai lain untuk bersaing dalam pilgub atau Pilkada Jateng 2018. Hal ini dikarenakan kuota kursi yang dimiliki PKB di DPRD Jateng tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon tunggal pada pilgub nanti.

PKB hanya memiliki 13 kursi di DPRD Jateng. Kuota ini masih kurang tujuh kursi bagi parpol yang ingin mengusung calon tunggal pada Pilkada 2018 nanti, sesuai dengan syarat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Makanya, saat ini kami intens melakukan komunikasi dengan parpol-parpol lain. Semua parpol kami jajaki. Tinggal mana nanti yang bersedia berkoalisi dengan kami mengusung Pak Marwan sebagai cagub,” beber pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Pernyataan Cak Imin cukup mengejutkan mengingat sebelumnya ia mengatakan bahwa PKB hanya cukup mengincar posisi Jateng 2 atau wakil gubernur pada Pilgub Jateng 2018 nanti. Pernyataan itu disampaikan Cak Imin saat membuka Konsolidasi Ketua Umum PKB dan Anggota DPRD se-Jateng dan DIY di Semarang, pertengahan Maret lalu. (Baca juga PILKADA 2018 : PKB Incar Kursi Wagub di Pilgub Jateng)

Meski demikian, sikap Cak Imin itu harus diubah menyusul banyaknya kader PKB di Jateng yang mendesak PKB untuk mengusung kader sendiri maju sebagai Cagub pada Pilkada Jateng 2018. Di antara puluhan kader PKB, pilihan pun jatuh pada Marwan Jafar yang dianggap sebagai kader terbaik karena pernah memiliki pengalaman sebagai Menteri Desa. (Baca juga PILKADA JATENG : 10 Daerah Beri Dukungan Marwan Jafar)

“Menurut saya Pak Marwan sangat tepat untuk memimpin Jateng. Ia merupakan mantan Menteri Desa yang memiliki pengalaman mengelola desa sehingga bisa memajukan Jateng. Dalam kurun waktu 7-8 bulan ini, kami akan bekerja untuk memenangkan Pak Marwan sebagai Gubernur Jateng,” imbuh mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Terpisah, Marwan enggan berkomentar banyak terkait rekomendasi yang diberikan DPP PKB untuk maju sebagai cagub pada Pilkada Jateng 2018 nanti. Ia akan mengikuti instruksi ketua umum dan partainya untuk bersaing memperebutkan kursi Jateng 1 pada Pilkada 2018.

“Semuakan sudah dibeberkan sama Pak Ketua. Saya hanya mengikuti perintah,” tutur Marwan kepada Semarangpos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya