SOLOPOS.COM - Ilustrasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).(JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada 2018 dari PDIP belum juga memberikan rekomendasi untuk pasangan calon (paslon) yang maju di Pilgub Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum juga memutuskan nama calon yang akan diusung untuk Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rapat di Kantor DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018), Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, hanya mengumumkan empat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang diusung pada Pilkada 2018 di empat provinsi, yakni Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Lampung.

Sementara, calon di tiga provinsi lainnya yang juga menggelar Pilgub, yakni Sumatra Utara (Sumut), Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng), belum diumumkan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, mengaku tidak tahu menahu alasan Megawati belum menetapkan pasangan calon (paslon) untuk Pilgub Jateng. Ia hanya mengatakan keputusan Megawati memiliki banyak pertimbangan demi kebaikan partai.

“Saya juga tidak tahu pasti alasannya. Kita tegak lurus saja dengan DPP[ PDIP, Megawati Soekarnoputri]. Apa pun alasannya itu demi kebaikan partai,” ujar Bambang saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis sore.

Bambang menambahkan meski belum diputuskan, DPP PDIP sudah mengantongi nama calon-calon yang akan diusung pada Pilgub Jateng. Nama paslon itu kemungkinan akan diumumkan secepatnya, sebelum pendaftaran paslon yang akan maju pada Pilgub Jateng di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka pada Senin-Rabu (8-9/1/2018).

“Pendaftarannya kan tinggal tiga hari lagi [Senin]. Jadi, dalam waktu dekat ini pasti diumumkan. Tunggu saja, kalau tidak besok [Jumat, 5 Januari 2018], ya Sabtu [6/1/2018]. Pastinya, Minggu [7/1/2018] kita sudah ada calon,” ujar Bambang.

[Baca juga PDIP Umumkan Calon Gubernur Mulai Kamis]

Sebelumnya, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, memastikan jika nama-nama calon kepala daerah yang bakal dijagokan partainya dalam Pilkada 2018 akan diumumkan secara bertahap mulai Kamis ini. Ada tujuh paslon yang diumumkan PDIP untuk maju dalam Pilkada 2018 di tujuh provinsi di Indonesia mulai Kamis ini, termasuk calon dalam Pilgub Jateng.

“Pasangan calon gubenur dan wakil gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Papua dan sejumlah daerah lain akan diumumkan secara bertahap dimulai 4 Januari 2018,” kata Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

[Baca juga Kamis Ini, Cagub-Cawagub PDIP untuk Pilgub Jateng Diumumkan]

Kendati demikian, hal itu rupanya membuat kader PDIP sudah tidak sabar untuk mendengar keputusan Megawati mengumumkan nama calon untuk Pilgub Jateng. Sekretaris DPC PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, bahkan menduga jika DPP PDIP bakal mengumumkan nama calon yang akan diusung di Pilgub Jateng pada Kamis ini.

“Rencana memang besok [Kamis] diumumkan nama calon [cagub dan cawagub Pilgub Jateng] di Kantor DPP PDIP Jl. Pangeran Diponegoro Nomor 58, Menteng, Jakarta Pusat,” aku Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, dikutip dari Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Rabu (3/1/2018).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya