SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (kiri) bersama Taj Yasin Maimun Zubair (tengah) menggelar jumpa pers seusai mengumpulkan berkas pendaftaran ke KPU untuk maju dalam Pilgub Jateng, Selasa (9/1/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Pilkada 2018 dipastikan diikuti pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimun Zubair untuk Pilgub Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimun Zubair memastikan maju sebagai calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepastian keduanya maju sebagai pasangan calon (paslon) Pilgub Jateng 2018 ditunjukkan Ganjar-Yasin dengan melakukan pendaftaran ke Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran 1A, Kota Semarang, Selasa (9/1/2018).

Kedatangan Ganjar-Yasin diiringi ribuan orang pendukungnya. Ganjar ke Kantor KPU dengan mengenakan baju batik berwarna merah. Sementara, Yasin mengenakan baju warna putih, sarung, dan peci berwarna hitam.

Ekspedisi Mudik 2024

Kedua pasangan itu bersama para pendukungnya diterima langsung Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo.

Setelah memeriksa berkas dokumen, yang terdiri dari data paslon serta partai pengusung, KPU pun menyatakan persyaratan administrasi Ganjar-Yasin lengkap.

“Setelah ini, paslon akan melakukan breifing di KPU untuk melakukan tes kesehatan. Briefing akan digelar 11 Januari nanti, dilanjutkan tes kesehatan pada 12-14 Januari,” ujar Joko.

Sementara, salah seorang komisioner KPU Jateng, Muslim Aisa, menyatakan pasangan Ganjar-Yasin maju sebagai cagub dan cawagub di Pilgub Jateng 2018 dengan diusung empat partai politik. Keempat partai itu, yakni PDIP, PPP, Nasdem, dan Demokrat.

“Hanya empat partai yang dinyatakan sebagai pengusung. Untuk Golkar tidak ada berkas dukungannya kepada pasangan Ganjar-Yasin,” tutur Muslim.

Tidak ada dukungan Golkar ini seakan menepis informasi yang sebelumnya digulirkan kubu Ganjar-Yasin. Bahkan, sebelumnya Ganjar menyatakan bahwa Golkar siap memberi dukungan kepadanya dan Yasin bersaing di Pilgub Jateng.

Saat ditanyakan perihal dukungan Golkar itu, Ganjar mengaku partai berlambang pohon beringin itu tetap seperti rencana awal.

“Tadi Golkar ada kok. Mereka sudah siap memberi dukungan, tinggal menunggu restu dari DPP saja,” ujar politikus PDIP itu.

Tanpa dukungan Golkar, praktis pasangan Ganjar-Yasin hanya diusung empat parpol dengan jumlah dukungan 48 kursi atau 48% dari total dukungan yang menjadi syarat KPU.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya