SOLOPOS.COM - Presiden keenam Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama istrinya, Ani Yudhoyono, berjalan menuju peristirahatan mereka di Hotel Kayu Arum, Kota Salatiga, Senin (14/3/2016). SBY hadir ke Salatiga untuk menjalani rangkaian acara SBY Tour de Java. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com/dok)

Pilkada 2017 akan digelar serentak di beberapa daerah, termasuk tujuh di antaranya di Jateng, salah satunya adalah Kota Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA – Partai Demokrat (PD) kemungkinan besar akan kembali mengusung Yuliyanto dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Salatiga 2017 mendatang. Sinyal ini terlihat dalam kunjungan Ketua Umum PD yang juga Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Salatiga, Senin (14/3/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SBY hadir ke Salatiga bersama para kader lain Partai Demokrat, seperti Wakil Ketua Umum PD, Roy Suryo, dan juga Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP PD Edhie Baskoro Yudhoyono. Mereka tiba di Hotel Kayu Arum Salatiga dengan sambutan dari beberapa pejabat pemerintahan Kota Salatiga, termasuk Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Wakil Ketua Dewan Pembina PD yang juga Wakil Ketua DPR 2014-2019, Agus Hermanto, mengaku kehadiran SBY di Salatiga merupakan rangkaian dari acara SBY Tour de Java di 10 kota, yakni Bekasi, Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, Purworejo, Jogja, Salatiga dan Kudus.

Acara itu digelar sebagai agenda SBY untuk kembali menyapa masyarakat dan konstituennya. Namun, di balik agenda itu, Agus tak menampik jika ada beberapa agenda politik yang akan dilakukan Partai Demokrat, terutama untuk menghadapi Pilkada 2017.

“Untuk Jawa Tengah [Jateng], kami memang masih belum kuat. Dari 15 calon yang diusung kemarin [Pileg 2014] hanya tiga yang jadi. Makanya, ini saatnya kami untuk memperkuat posisi. Salah satunya adalah dalam Pilkada 2017 nanti,” ujar Agus dalam sesi jumpa pers di sela-sela kunjungan itu.

Agus tak menampik jika pada Pilkada 2017 nanti partainya bakal kembali mencalonkan Yulianto. Meski pun saat ini, Yuliyanto belum terdaftar sebagai salah satu kader Partai Demokrat.

“Kenapa tidak? Toh pada Pilkada sebelumnya [2011] kami juga merupakan salah satu partai yang mengusung Yuliyanto. Meski demikian, kami tetap akan mengikuti mekanisme partai yang ada untuk menentukan calon, seperti hasil survey dan lain-lain,” imbuh Agus.

Agus mengaku hingga saat ini pihaknya memang belum bisa memastikan apakah akan kembali mengusung Yuliyanto. Meski demikian, kans untuk mengusung kembali Yuliyanto sebagai wali kota dalam Pilkada 2017 sangat besar.

“Dari hasil pantauan kami, elektabilitas Pak Yuli masih yang tertinggi. Selain itu, selama ini ia juga cukup sigap dalam menyambut kehadiran kami [PD] di sini,” beber Agus.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya