SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas TPS di wilayah yang kebanjiran. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Pilkada Cilacap 2017 memasuki tahapan pemungutan suara, namun banjir di beberapa daerah belum surut.

Semarangpos.com, CIPACAP — Banjir yang menggenangi sejumlah tempat pemungutan suara di Kecamatan Sidareja dan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) belum surut kala 1.466.869 warga Kabupaten Cilacap dijadwalkan melakukan pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berdasarkan informasi yang kami terima semalam di Sidareja ada 12 TPS yang terendam dan di Kedungreja ada satu TPS. Tadi pagi, ada beberapa yang dipindahkan, sedangkan yang lain masih bisa digunakan,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Cilacap Warsid di Cilacap, Rabu (15/2/2017).

Kendati demikian, dia mengatakan tidak ada logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilacap yang terendam banjir. Berdasarkan pantauan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), kata dia, pelaksanaan pemungutan suara di Sidareja dan Kedungreja berjalan lancar meskipun terjadi banjir.

Saat dihubungi Kantor Berita Antara dari Cilacap, Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Wilayah Sidareja Agus Sudaryanto mengatakan lokasi yang tergenang hingga Rabu pagi masih sama seperti beberapa bencana banjir sebelumnya, antara lain Desa Tegalsari, Sidareja, dan Gunungreja, Kecamatan Sidareja, serta beberapa tempat di Kecamatan Kedungreja.

“Terkait dengan pelaksanaan pilkada, ada tiga TPS yang dipindahkan karena tergenang banjir, yakni TPS 01 Desa Tegalsari yang semula di rumah Sukarman, warga RT 01 RW 01 dipindah ke rumah Agus Nurwan, warga RT 002 RW 001,” katanya.

Selain itu, kata dia TPS 01 Desa Gunungreja yang semula di rumah Arif M., warga RT 002 RW 001, dipindah ke rumah Wahyudi yang berada di kompleks Alun-Alun Sidareja, dan TPS 03 Desa Gunungreja yang sebelumnya di rumah Rohim, warga RT 001 RW 002 dipindah ke rumah Nursin, warga RT 002 RW 002.

Ia mengatakan pihaknya sejak Rabu pagi sudah menyiagakan perahu karet untuk membawa warga yang hendak menggunakan hak pilihnya di TPS. Lebih lanjut, Agus mengatakan hingga saat ini banjir masih terjadi di Sidareja dengan tinggi genangan air bervariasi, yakni berkisar 20 cm-50 cm di jalan dan 35 cm-65 cm di pekarangan rumah.

“Sebenarnya sudah banyak rumah yang sudah kemasukan air dengan tinggi genangan di dalam rumah berkisar 20-30 centimeter namun belum ada warga yang mengungsi,” katanya.

Sebanyak 1.466.869 warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang masuk dalam daftar pemilih menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah setempat, Rabu. Mereka menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 3.217 lokasi, 284 desa/kelurahan, dan 24 kecamatan.

Pilkada Cilacap yang menjadi bagian Pilkada Serentak 15 Februari 2017 diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky yang diusung PDIP dan PPP, nomor urut 2 Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul Aulia Rachman yang diusung Partai Gokar, Partai Demokrat, PAN, dan PKB, serta nomor urut 3 Fran Lukman-Bambang Sutanto yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Cilacap, calon bupati Taufik Nurhidayat menggunakan hak pilihnya di TPS 54, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, sedangkan calon wakil bupati Faiqoh Subky mencoblos di TPS 8 Desa Sindangsari, Kecamatan Majenang. Sementara itu, calon bupati Tatto Suwarto Pamuji mencoblos di TPS 2 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, sedangkan calon wakil bupati Syamsul Auliya Rachman menggunakan hak pilihnya di TPS 14 Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara. Calon bupati Fran Lukman memberikan hak suaranya di TPS 7 Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, sedangkan calon wakil bupati Bambang Sutanto mencoblos di TPS 14 Desa Adipala, Kecamatan Adipala.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya