top ear
PILKADA 2017 : KPU Tetapkan Yaris Pemenang, Rudal Absen
  • SOLOPOS.COM
    Poster yang diunggah Yuliyanto di akun Facebooknya seraya mengklaim kemenangannya dalam Pilkada Salatiga. (Facebook.com-Yuli Yanto)

PILKADA 2017 : KPU Tetapkan Yaris Pemenang, Rudal Absen

Diterbitkan Jumat, 28/04/2017 - 09:50 WIB
oleh Solopos.com/Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com
2 mnt baca -

Pilkada Salatiga 2017 telah rampung semua tahapannya seiring penetapan pasangan urut nomor dua, Yuliyanto-Muh. Haris (Yaris) sebagai pemenang oleh KPU Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA — Sehari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan pasangan calon (paslon) nomor urut satu, Agus Rudianto-Dance Ishkak Palit (Rudal), atas hasil pemungutan suara Pilkada Salatiga, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Salatiga akhirnya menetapkan paslon nomor urut dua, Yuliyanto-Muh. Haris (Yaris) sebagai pemenang.

Penetapan dilakukan KPU Salatiga dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga Terpilih di Kantor KPU Salatiga, Kamis (27/4/2017) malam. "Kami memang berusaha secepatnya untuk menetapkan pemenang Pilkada Salatiga begitu putusan MK keluar. Makanya, sehari setelah putusan MK kami langsung tetapkan," ujar Ketua KPU Salatiga, Putnawati, saat dijumpai Semarangpos.com seusai rapat pleno, Kamis malam.

Putnawati menyebutkan setelah penetapan paslon wali kota dan wakil wali kota terpilih, maka tugas KPU Salatiga pada Pilkada Salatiga 2017 selesai. Selanjutnya, paslon terpilih akan dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng). "Kapan pelantikannya, nanti menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jateng," imbuh perempuan yang akrab disapa Puput itu.

Penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga terpilih itu turut dihadiri pasangan Yaris dan para simpatisannya. Mereka menyambut gembira penetapan Yaris sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga terpilih setelah sebelumnya tertunda karena gugatan dari paslon nomor urut satu, Agus Rudianto-Dance Ishkak Palit ke MK.

Sayangnya, dalam rapat pleno itu paslon nomor urut satu yang diusung PDI Perjuangan dan PKB, Agus Rudianto-Dance Ishkak Palit, tidak hadir. Sebelumnya, kubu Agus-Dance melayangkan gugatan atas hasil pemungutan suara pada Pilkada Salatiga 2017. Mereka memohon agar pemungutan suara diulang setelah menelan kekalahan tipis dengan selisih 992 suara atau sekitar 0,94%.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Editor : Avatar ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya