SOLOPOS.COM - Ilustrasi (illustratiction.fr)

Pilkada 2017 membuat server KPU Jateng bekali-kali tumbang dan tak bisa diakses.

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengakui server pendukung laman lembaga penyelenggara pemilu itu sempat beberapa kali tumbang. Meski demikian, KPU Jateng menjamin keamanan data hasil pemungutan suara yang diunggah oleh KPU tujuh kota dan kabupaten penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Semalam, beberapa kali situs KPU dihantam sehingga hasil real count sempat tidak bisa diakses,” aku Ketua KPU Jateng Joko Purnomo di Kota Semarang, Kamis (16/2/2017).

Menurut dia, sebagian besar data hasil pemindaian formulir C1 dari TPS sudah masuk ke data KPU. Ia menuturkan hasil unggahan formulir C1 itu bakal selesai sehari setelah pemungutan suara.

Sementara saat ini, lanjut dia, sudah dilakukan pengitungan surat suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan. “Penghitungan di PPK ini hanya sebatas verifikasi data penghitungan di TPS,” katanya.

Seusai penghitungan PPK, kata dia, akan dilanjutkan dengan verifikasi di tingkat KPU yang diperkirakan dilaksanakan 22-24 Februari. Ia memastikan seluruh dokumen pemungutan suara telah diamankan dengan pengawalan polisi.

Pelaksanaan pemungutan suara pada 15 Februari, kata dia, berjalan dengan lancar dan kondusif meski ada gangguan akibat cuaca yang tidak bersahabat. Ia juga menyakini partisipasi pemilih bisa mencapai lebih dari 70%.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya