SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Salatiga 2017 menjadi perhatian PKS Jateng di samping Pilkada Brebes.

Semarangpos.com, SEMARANG — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah menyatakan komitmen mengawal penghitungan suara pada dua dari tujuh Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di provinsi ini. “Kami fokus penghitungan perolehan suara pilkada di Kota Salatiga dan Kabupaten Brebes karena kami mencalonkan kader kami di dua pilkada itu,” aku Sekretaris DPW PKS Jateng, Ahmadi, di Semarang, Selasa (14/2/2017).

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

PKS mencalonkan kadernya yang juga mantan Menteri Pertanian, Suswono, sebagai calon bupati pada Pilkada Brebes, sedangkan pada Pilkada Salatiga, PKS mengusung kadernya, Muhammad Haris, sebagai calon wakil wali kota mendampingi calon incumbent atau petahana wali kota, Yulianto. Pada kedua pilkada tersebut, PKS Jateng akan melakukan quick count maupun real count guna mengetahui jumlah perolehan suara pasangan calon kepala daerah yang didukung.

Ekspedisi Mudik 2024

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng itu menargetkan quick count Pilkada Salatiga 2017 diharapkan dapat selesai pada pukul 16.00 WIB, sedangkan quick count Pilkada Brebes 2017, diperkirakan baru selesai pukul 19.00 WIB. “Quick count Pilkada Salatiga lebih cepat selesai karena wilayah Kota Salatiga kecil, yakni terdiri atas empat kecamatan, 22 kelurahan, serta 300-an TPS,” paparnya.

Ahmadi menjelaskan bahwa quick count yang dilakukan saksi dari PKS di setiap TPS itu bukan berarti tidak percaya dengan penghitungan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Dari pengalaman pilkada sebelumnya, ada koreksi perolehan suara antara versi KPU dan yang kami data di setiap TPS, semoga kali ini tidak beda lagi,” katanya.

Terkait dengan pengamanan perolehan suara pasangan calon yang diusung, PKS Jateng menerjunkan masing-masing 150 personel pada Pilkada Salatiga dan Pilkada Brebes. “Mereka akan mengawasi pergerakan kompetitor yang bisa saja merusak basis atau wilayah yang sudah dibangun PKS,” ujarnya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes. Hanya dua di antara daerah-daera itu yang menjadi fokus perhatian PKS Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya