SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono (tengah). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Pilkada 2017 dikhawatirkan Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono memicu arak-arakan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono meminta pendukung pasangan calon yang unggul dalam penghitungan sementara hasil pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 untuk tidak merayakannya dengan arak-arakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tidak perlu ada euforia berlebihan, tidak perlu arak-arakan untuk rayakan kemenangan,” tegas Kapolda Condro Kirono di Semarang, Kamis (16/2/2017).

Ia meminta masyarakat menjalankan aktivitas seperti biasa seusai pemungutan dan penghitungan suara sebagai puncak tahapan Pilkada 2017 ini.

Secara umum, lanjut dia, pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu lokal di tujuh daerah Jateng berlangsung aman dan kondusif. Kalaupun ada masakah, salah satu permasalahan yang dihadapi saat pelaksaan pemungutan suara itu adalah kendala cuaca buruk dan bencana alam.

“Walaupun cuaca tidak bersahabat, pelaksanaan pemungutan suara tetap dapat dilaksanakan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk pelanggaran aturan pemilu, lanjut dia, hingga saat ini belum ada aduan yang masuk ranah hukum. Meski demikian, ia mengakui terdapat sejumlah laporan pelanggaran aturan pemilu mulai saat tenang hingga pelaksanaan pemungutan suara.

“Masih didalami panwas, ada waktu lima hari untuk menentukan akan naik ke ranah hukum atau tidak,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Jawa Tengah Abhan Misbah mengatakan tingkat pelanggaran pada Pilkada 2017 lebih sedikit dibanding 2015 lalu. “Masih pengumpulan bukti dan sebatas klarifikasi, belum ada yang sampai proses hukum,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya