SOLOPOS.COM - Calon tunggal Pikada Pati 2017 Haryanto (kiri) mencoblos beserta istri, Musus Indarwani, Rabu (15/2/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Pilkada 2017 di Kabupaten Pati hanya diikuti calon incumbent (petahana) dan kotak kosong.

Semarangpos.com, PATI — Calon tunggal bupati Haryanto menganggap wajar adanya pemilih kotak kosong di antara 1.034.256 warga pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala daerah (Pilkada) 2017 di Kabupaten Pati. Pilkada 2017 di Kabupaten Pati hanya diikuti calon incumbent (petahana) dan kotak kosong.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Kalau namanya demokrasi, ada yang cocok dan tidak cocok. Oleh karena itu, kami menargetkan 80% dari total suara sah,” kata Haryanto di rumahnya, Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Rabu (15/2/2017). Namun, lanjut dia, yang namanya kotak kosong bukan pasangan calon, kemudian pemerintah mewadahi bagi yang tidak cocok dengan pasangan calon yang ada.

Ekspedisi Mudik 2024

Bentuk surat suara pada pemilihan satu pasangan calon ini, sebagaimana ketentuan di dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2016, memuat dua kolom yang terdiri atas satu kolom yang memuat foto dan nama pasangan calon dan kolom kosong yang tidak bergambar atau lebih populer dengan istilah “kotak kosong”.

Menurut Haryanto, setelah pihaknya menginventarisasi, ternyata mereka yang kemarin mengajak masyarakat untuk memilih kotak kosong bukan atas nama kepentingan umum, melainkan kepentingan pribadi yang tidak tersampaikan. “Misalnya, mereka yang mempunyai grup ketoprak, katanya saya tidak pernah memainkan. Selain itu, mereka meminta mengganti nama Jalan Tondonegoro menjadi Jalan Veteran. Padahal, jalan ini sudah ditetapkan sebelum saya lahir. Saya kan tidak bisa memenuhinya,” kata pria kelahiran Pati, 8 April 1964, itu.

Ia melanjutkan, “Kalau kepentingan umum, sudah kami akomodasi lewat musyawarah perencanaan dan pembangunan (musrenbang), mulai tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.” Sementara itu, pada hari-H pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati 2017, Rabu, Haryanto beserta istri Ny. Dra. Musus Indarnani Haryanto dan putrinya, Tresya Okta Vera, menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 07, RT 003, RW 005, Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya