SOLOPOS.COM - Jenazah wakil bupati terpilih Grobogan Edy Maryono di mobil sesaat sebelum disalatkan di Masjid Jami' Baitul Makmur Purwodadi, Grobogan, Jumat (11/3/2016). Wakil bupati terpilih Grobogan tersebut meninggal dunia pada pukul 06.00 WIB setelah dirawat di Rumah Sakit Yakkum Purwodadi, Grobogan karena sakit jantung. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Pilkada 2015 belum berakhir di Kabupaten Grobogan karena bupati terpilih belum dilantik.

Semarangpos.com, SEMARANG Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengusulkan kepada pemerintah pusat agar pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati Grobogan terpilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 dilakukan pada Maret 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar Maret ini bisa dilakukan pelantikan terhadap bupati dan wakil bupati Grobogan terpilih,” katanya ditemui Semarangpos.com, di sela takziah di rumah duka almarhum anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jateng Sulistyo di Jl. Karang Ingas Raya, Semarang, Selasa (15/3/2016).

Pada Pilkada 2015 di Kabupaten Grobogan, pasangan calon bupati Sri Sumarni dan  calon wakil bupati Edy Maryono yang diusung koalisi PDIP, PKB, PAN, dan Partai Hanura meraih suara terbanyak.

Berakhir 14 Maret
Alasan Gubernur Jateng mengusulkan agar pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Grobogan dilakukan Maret 2016, karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiono dan Icek Baskoro  berakhir pada 14 Maret 2016.

Karena pasangan bupati dan wakil bupati Grobogan terpilih belum dilantik, maka Gubernur Jateng menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Grobogan Sugiyanto sebagai pelaksana tugas (Plt) bupati. “Tidak perlu ada pelantikan terhadap Sekda Grobogan karena hanya Plt Bupati Grobogan,” tandas Ganjar.

Wabup Meninggal
Terkait meninggalkan wakil bupati Grobogan terpilih Edi Sumaryono, menurut Ganjar mekanisme penggantinya menjadi kewenangan dari partai politik pengusung pada Pilkada 2015.”Terserah dari partai politik pengusung untuk memilih penggantinya,” imbuhnya.

Edy Sumaryono yang menjabat Sekretaris DPC PKB Kabupaten Grobogan meninggal dunia akibat serangan jantung pada Jumat (11/3/2013). Sementara itu, Ketua Fraksi PKB DPRD Grobogan Agus Dwi Priyanto mengungkapkan pengganti almarhum Edy Sumaryono kemungkinan besar adalah Ketua DPC PKB Grobogan H.M. Nurwibowo. ”Pak Nurwibowo kemungkinan akan menggantikan almarhum Pak Edy Sumaryono,” ujar dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya