SOLOPOS.COM - Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA – Warga Nahdlatul Ulama, NU, tak pelak menjadi andalan kontestan Pilgub Jatim 2013 yang berlangsung Kamis, 29 Agustus.

Persaingan untuk mendapatkan dukungan dari warga NU tentu saja melibatkan dua pihak utama, yakni Saifullah Jusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memobilisasi simpati dari warga NU menjadi senjata ampuh bagi pasangan nomor 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) dan nomor 4 Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja (Berkah) untuk mendulang suara di Pilgub Jawa Timur.

Jika sosok Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa menjadi simplifikasi penggalangan suara NU, survei Suprimasi atau Survey Prima Mandiri Indonesia yang dipublikasikan 13 Maret 2013 menyebutkan Gus Ipul lebih unggul dari Khofifah.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut survei itu, sekitar 42 persen warga NU di Jatim sebenarnya menghendaki Gus Ipul jadi Gubernur, kendati pada akhirnya dia tetap berpasangan dengan Soekarwo sebagai calon Wakil Gubernur.

Gus Ipul meraih simpati suara di wilayah Mataraman Jatim yakni Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Kediri, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, dan Bojonegoro.

Selain Mataraman, Gus Ipul joga diidolakan di wilayah Pantura Jawa Timur seperti Tuban, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, serta Banyuwangi.

Adapun di Pulau Madura, Gus Ipul memiliki basis simpatisan yang kuat di Bangkalan.

Lalu bagaimana dengan Khofifah? Mantan Menteri Pemberdayaan Wanita di era Kabinet Gus Dur itu mendulang 33,7persen suara NU.

Khofifah unggul telak di Madura (minus bangkalan). Basis suara Khofifah lainnya tersebar di Jember, Probolinggo, Sidoarjo, Kota Malang, Kota Madiun, Tulungagung dan Trenggalek.

Apakah ini mencerminkan polarisasi suara Pilgub Jateng kepada pasangan nomor 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) dan nomor 4 Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja (Berkah)?

Lantas, terbuktikah survei Suprimasi di atas. Hasilnya akan diperoleh usai penghitungan suara Pilgun Jatim 2013 dilaksanakan.

Berikut daftar pasangan peserta Pilgub Jatim 2013:

1. Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa)

Partai pendukung: Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Damai Sejahtera, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, Partai Bintang Reformasi, Partai Bulan Bintang, Partai Patriot

2. Eggi Sudjana-Muhammad Sihat

Partai Pendukung: independen.

3. Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (BambangSaid)

Partai: PDI Perjuangan.

4. Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja (Berkah)

Partai Pendukung: Partai Matahari Bangsa, PKPI, PKPB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya