SOLOPOS.COM - Empat Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim, (dari kiri ke kanan) Soekarwo-Saifullah Yusuf, Eggi Sudjana-M Sihat, Bambang DH-Said Abdullah dan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja foto bersama usai pemaparan visi dan misi cagub dan cawagub di Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Senin (12/8/2013). (JIBI/Solopos/Antara//M Risyal Hidayat/ss)

Solopos.com, SURABAYA — Aktivitas bisnis di Jawa Timur dipastikan tetap berjalan kendati Kamis (29/8/2013) hari ini provinsi itu menggelar pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 2013. Perbankan tetap memberikan pelayanan, namun pelabuhan tutup selama delapan jam.

Wakil Pimpinan Wilayah Bank BRI Surabaya Bambang Harudi menuturkan semua pelayanan kepada nasabah bisa dilakukan saat pemilihan gubernur. “Tetap buka tetapi layanan terbatas, semua bisa tapi petugasnya bergantian melayani, gantian pula ke tempat coblosan,” jelasnya, Rabu (28/8/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Deputy Regional Manager Regional Office VIII PT Bank Mandiri Tbk Bambang S. Cahyo menuturkan semua cabang di Jatim buka seperti biasa. Penyaluran suara dilakukan bergiliran.

Meskipun beberapa bank memilih tetap melayani nasabah, Bank Indonesia Wilayah IV meminta aktivitas perbankan diliburkan pada Kamis ini. Melalui edaran resmi, BI meminta bank umum maupun bank perkreditan rakyat libur Kamis ini demi mendukung kelancaran Pilgub Jatim 2013 itu.

“Kami minta agar Saudara [manajemen bank] tidak melaksanakan kegiatan operasional perbankan pada tanggal tersebut [29 Agustus],” demikian bunyi surat yang ditandatangani Direktur Eksekutif BI Wilayah IV Muhamad Ishak.

Di sisi lain, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak I Nyoman Gede Suputra menuturkan aktivitas pelabuhan libur 8 jam. “Kami sudah edarkan surat, Kamis mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB aktivitas pelabuhan libur. Petugas akan memastikan waktu itu semua berhenti agar menyalurkan suaranya,” jelasnya.

Keputusan itu, sambungnya, agar tidak terjadi salah pengertian aktivitas ekonomi berjalan menyebabkan pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya tinggi.

Humas PT Terminal Petikemas Surabaya M Sholeh menegaskan aktivitas penurunan dan pengangkutan kontainer juga libur delapan jam. Namun, setelah itu kembali aktivitas normal.

Pemilihan Gubernur Jatim yang dilaksanakan Kamis ini diikuti empat pasangan peserta, Soekarwo-Saifullah Yusuf, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, Eggi Sudjana-Muhammad Sihad dan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja. Sebanyak 30 juta orang memiliki hak memilih satu dari empat pasangan peserta. Jumlah itu naik dibandingkan dengan gelaran serupa pada 2008 dengan pemilih 29,6 juta orang dengan partisipasi 54,32%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya