SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar belum menerima honor pada 2013. Pasalnya, anggaran operasional penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng belum cair.

Kepala Sekretariat Panwaslu Karanganyar, Riyadi, mengatakan hingga sekarang, para anggota Panwaslu mulai tingkat kabupaten hingga desa belum menerima honor penyelenggaraan Pilgub Jateng.  Padahal, anggota Panwaslu berjumlah ratusan orang yang tersebar di 177 desa se-Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hingga sekarang, kami belum menerima honor yang semestinya dibayarkan setiap bulan,” katanya saat ditemui Solopos.com, Rabu (30/1/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Besaran honor yang diterima anggota Panwaslu Karanganyar bervariatif. Rinciannya, setiap anggota Pengawas Pemilihan Umum Lapangan (PPL) menerima honor senilai Rp400.000/bulan, anggota Panwascam senilai Rp2,5 juta/bulan. Apabila dikomulatif anggaran operasional yang dibutuhkan Panwaslu Karanganyar senilai Rp90 juta/bulan.

Anggaran operasional penyelenggaraan Pilgub Jateng yang dikucurkan Pemprov Jateng pada 2012 senilai Rp240 juta. Anggaran tersebut untuk membiayai operasional penyelenggaraan Pilgub Jateng termasuk membayar honor anggota Panwaslu pada November-Desember 2012. Dari anggaran itu yang dipakai hanya senilai Rp230 juta sehingga tersisa Rp10 juta.

“Sisanya senilai Rp10 juta karena anggaran yang dipakai hanya senilai Rp230 juta,” ujarnya.

Selama ini, anggaran yang dipakai untuk membiayai operasional Panwaslu berasal dari uang pribadi dan sebagian meminjam pihak lain. Pengeluaran biaya pun disesuaikan dengan kebutuhan yang mendesak atau urgent.

Sementara Ketua Panwaslu Karanganyar, Dwi Joko Mulyono, menyatakan pihaknya telah mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karanganyar agar segera menggelontorkan anggaran operasional Pilgub ke setiap daerah. Namun, hingga sekarang belum ada kejelasan terkait kucuran dana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya