SOLOPOS.COM - Ahok sebagai Bupati Belitung Timur (windhunata.com)

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) bersama istrinya Veronica (kiri) menunjukan jari mereka yang telah diberi tanda tinta usai memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 059 Kelurahan Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (20/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA –Pasangan Jokowi-Ahok sejauh ini unggul di semua hasil hitung cepat (quick count). Kalau Jokowi selama ini sudah lebih dikenal berkat kiprahnya sebagai Walikota Solo, mungkin pasangannya yang akrab disapa Ahok relatif kurang dikenal. Padahal, kiprahnya juga tak kalah bagus.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Pria kelahiran Gantung – Desa Laskar Pelangi – Belitung Timur tersebut melanjutkan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Jakarta dengan memilih Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti. Setelah menamatkan pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana Teknik Geologi (insiyur geologi) pada tahun 1989, Basuki pulang kampung dan menetap di Belitung serta mendirikan perusahaan CV Panda yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan PT Timah.

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak lama kemudian, Ahok memutuskan kuliah S2 dan mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta. Karir politik Ahok dimulai dengan bergabung dibawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang saat itu dipimpin oleh Dr Sjahrir. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.

Setelah tujuh bulan menjadi anggota dewan, rakyat mendorong Ahok untuk maju menjadi bupati dan akhirnya dirinya terpilih sebagai Bupati Belitung Timur di tahun 2005 dan mengantongi 37,13 persen suara. Berdasarkan pengalamannya sebagai pengusaha dan juga anggota DPRD yang mengerti betul sistem keuangan dan budaya birokrasi yang ada, dalam waktu singkat sebagai Bupati ia mampu melaksanakan pelayanan kesehatan gratis dan sekolah gratis sampai tingkat SMA.

Tidak hanya itu, dia juga berhasil membuat pengaspalan jalan sampai ke pelosok-pelosok daerah serta perbaikan pelayanan publik lainya. Kesuksesan ini terdengar ke seluruh Bangka Belitung (Babel) dan muncul dorongan dari sejumlah pihak kepada Ahok untuk maju sebagai Gubernur di tahun 2007.

Ahok sebagai Bupati Belitung Timur (windhunata.com)

Ahok kemudian mengajukan pengunduran dirinya pada 11 Desember 2006 untuk maju dalam Pilgub Bangka Belitung 2007. Pada 22 Desember 2006, ia resmi menyerahkan jabatannya kepada wakilnya, Khairul Effendi. Sayangnya dalam Pilgub tersebut Ahok yang merupakan kakak kandung dari Basuri Tjahaja Purnama, Bupati Belitung Timur periode 2010-2015 tersebut gagal menjadi Gubernur Babel.

Ahok adalah putera pertama dari Almarhum Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam) dan Buniarti Ningsing (Bun Nen Caw). Ia memiliki tiga orang adik, yaitu Basuri T Purnama, Fifi Lety dan Harry Basuki. Basuki menikah dengan Veronica, seorang perempuan kelahiran Medan, Sumatera Utara, dan dikaruniai tiga orang putra-putri bernama Nicholas, Nathania, dan Daud Albeenner.

Terkait prestasi kepemimpinannya, Ahok pernah memperoleh penghargaan sebagai tokoh antikorupsi dari unsur penyelenggara negara dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan, yang terdiri atas Masyarakat Transparansi Indonesia, Kadin dan Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara, pada tanggal 1 Februari 2007.

Dia dinilai berhasil menekan semangat korupsi pejabat pemerintah daerah, antara lain dengan tindakannya mengalihkan tunjangan bagi pejabat pemerintah untuk kepentingan rakyat, yaitu untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat Belitung Timur. Selain itu, Ia juga terpilih menjadi salah seorang dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia, yang dipilih oleh Tempo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya