SOLOPOS.COM - Agus Yudhoyono saat debat Pilgub DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1/2017). (JIBI/Okezone)

Pakar bahasa tubuh menyarankan Agus Yudhoyono tak banyak mengumbar senyum.

Solopos.com, JAKARTA — Seperti tentara kebanyakan, wajah Agus Harimurti Yudhoyono biasanya terlihat serius. Namun, pada debat perdana calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta yang dihelat di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1/2017) malam, senyum hampir tak pernah lepas dari bibirnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pakar bahasa tubuh Monica Kumalasari berpendapat Agus terlihat memaksakan diri untuk tersenyum. “Base line wajah Agus bukan smiley face. Karena dia mantan tentara, biasanya wajahnya flat,” kata pakar bahasa tubuh berbasis sains yang mendapat lisensi dari Paul Ekman itu seperti dilansir Antara, Sabtu (14/1/2017).

Senyum yang disebutnya sebagai “social smile” itu memang bisa membuat suami Annisa Pohan itu terlihat lebih membumi, tetapi menurut Monica senyum Agus terlalu banyak diumbar. “Ramah boleh, tapi di saat-saat tertentu [diperlihatkan], karena dia bukan lagi pemotretan,” katanya.

Ekspresi itu bisa jadi untuk mengurangi rasa gugup, tetapi mungkin juga karena alasan lain, seperti menciptakan kesan ramah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya