SOLOPOS.COM - Alternatif hari pemungutan suara Pemilu 2024 yang mengemuka dari berbagai pihak. (Antaranews.com)

Solopos.com, WONOGIRI—Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Wonogiri memasang target tinggi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Kader yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota DPRD diminta mulai menyosialisasikan diri.

Sekretaris DPC PDIP Wonogiri yang juga Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, saat ditemui Solopos.com di Sekretariat Daerah (Setda), pekan lalu, menyampaikan partainya menargetkan memperoleh 38 dari total 50 kursi DPRD pada Pileg 2024. Target itu lebih banyak 10 kursi dari pada perolehan kursi Pileg 2019 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat itu PDIP memperoleh 28 kursi parlemen. Menurut Setyo, target itu dipasang berdasar hasil survei elektabilitas atau tingkat keterpilihan partai di Kabupaten Wonogiri. Hasil survei menyebut elektabilitas PDIP mencapai 76 persen. Tingkat elektabilitas itu kemudian dikonversikan menjadi target perolehan kursi DPRD pada Pileg 2024.

Baca Juga: Pilkada 2024, Wabup Wonogiri Siap Jalankan Tugas DPP PDIP

“76 persen dari 50 kursi DPRD adalah 38 kursi. Itu yang menjadi target. Maka tinggal bagaimana partai mewujudkannya pada Pileg 2024 nanti,” ulas Setyo.

Salah satu upayanya, lanjut dia, PDIP menyiapkan kader lebih dini untuk berkontestasi. Kader yang akan mencalonkan diri, baik yang saat ini menjadi legislator maupun nonlegislator, dapat menyosialisasikan diri untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas.

Dimintai tanggapan mengenai target yang tinggi tersebut, Setyo menyatakan target itu realistis karena dibuat bukan berdasar asumsi semata, tetapi merujuk pada hasil survei yang bisa dipertanggungjawabkan. Dia tak mempermasalahkan orang menganggapnya terlalu muluk-muluk.

Baca Juga: Legislator PKB Wonogiri Wajib Deklarasi Cak Imin Capres 2024

Terpisah, Ketua DPC PKB Wonogiri, Mat Nawir, mengatakan partainya menargetkan memperoleh minimal lima kursi DPRD pada Pileg 2024. Diharapkan setiap daerah pemilihan (dapil) menyumbang satu kursi. Target itu lebih tinggi dua kursi dibanding perolehan kursi pada Pileg 2019. Saat itu PKB memperoleh tiga kursi dari dapil III, IV, dan V.

Mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri itu mengaku sudah berkonsolidasi membahas pemenangan agenda pemilihan 2024 mendatang. Dia meminta kader yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota DPRD menyosialisasikan diri sejak sekarang. Caranya bisa dengan menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU), pendakwah, dan kalangan NU lainnya.

“Suara yang PKB peroleh berasal dari akar rumput NU. Ini harus dirawat,” ulas Mat Nawir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya