SOLOPOS.COM - Logo Piala Wali Kota Solo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Piala Wali Kota Solo akan digelar di Stadion Manahan, Solo, 20-26 Juni 2021 mendatang. Turnamen yang diikuti delapan klub dari Liga 1 dan Liga 2 itu bakal menyajikan pertandingan setiap sore dan malam hari.

Pihak organizing committee telah mengundi jadwal pertandingan di babak pertama (delapan besar). Meski demikian, penyelenggara belum membeberkan detail peta pertandingan di babak pertama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun mereka memastikan klub Liga 1 akan bertemu dengan sesama tim Liga 1 di babak awal, demikian halnya tim Liga 2. Regulasi itu diklaim bertujuan sebagai persiapan klub yang akan bertanding di divisi masing-masing pada kompetisi resmi nanti.

Baca Juga: Bhayangkara FC Turunkan Skuat Utama di Piala Wali Kota Solo

Turnamen pramusim ini diikuti empat tim Liga 1 yaitu Bhayangkara FC, Arema FC, Bali United, dan Persib Bandung. Sementara empat tim Liga 2 yang ambil bagian adalah tuan rumah Persis Solo, PSG Pati, Dewa United, dan RANS Cilegon FC.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyatakan timnya siap bertarung di Piala Wali Kota Solo. Sebelumnya Maung Bandung sempat berpikir ulang untuk mengikuti ajang tersebut.

“Kami ikut karena kini sudah ada format yang serius, tim yang terlibat juga bagus. Semuanya masih dalam kondisi yang sama, tidak ada tim yang unggul dalam persiapan. Jadi ini turnamen yang penting,” ujar Robert dilansir Liputan6.com, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Kantongi Izin Polri, Piala Wali Kota Solo Kick-off 21 Juni 2021

 

Skuat Terbaik

CEO Bali United, Yabes Tanuri, memastikan ambil bagian dalam turnamen pramusim tersebut. Dia menilai Piala Wali Kota takkan mengganggu penampilan tim di Piala AFC yang akan mulai bergulir 30 Juni.

“Tim mengikuti turnamen ini sebagai rangkaian dari persiapan tim sebelum menghadapi Liga 1 dan Piala AFC 2021,” ujarnya dilansir baliutd.com.

Sementara itu, Bhayangkara FC bakal menurunkan skuat terbaik di turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo. Meski demikian, klub berjuluk The Guardian ini tak membebani para pemain dengan target juara.

Digelar Sore-Malam, Piala Wali Kota Solo Live di Vidio dan Indosiar

COO Bhayangkara FC, Sumardji, mengatakan Piala Wali Kota Solo cukup ideal sebagai ajang pemanasan jelang Liga 1 2021.

Sebelumnya Renan Silva dkk. sudah memanasi mesinnya di Piala Menpora 2021. Sumardji menekankan gelar juara bukanlah target utama dalam ajang pramusim.

“Kami ikut meramaikan dan menyukseskan saja. Soal hasil lihat nanti, yang jelas turnamen ini penting untuk mengasah performa tim sebelum ke Liga 1,” ucap Sumardji saat dihubungi Solopos.com, Selasa (8/6/2021).

Hadapi Piala Wali Kota Solo, Persis Luncurkan Jersey Khusus

 

Siaran Langsung

Sumardji mengatakan hanya pemain yang terdaftar untuk Liga 1 2021 yang akan tampil di ajang tersebut. The Guardian enggan coba-coba menurunkan pemain dari akademi lantaran tim sudah mulai fokus meracik strategi untuk kompetisi resmi.

Menurut Sumardji, hasil di Piala Wali Kota akan menjadi bahan evaluasi Pelatih Paul Munster untuk mematangkan tim menuju Liga 1. “Peserta Piala Wali Kota ini campuran dari Liga 1 dan Liga 2. Tentu akan menjadi turnamen yang menarik,” ujarnya.

Piala Wali Kota Solo akan digelar tanpa penonton untuk mengantisipasi persebaran Covid-19. Namun penyelenggara memastikan turnamen dapat dinikmati dari rumah melalui layar kaca.

Indonesia 0-4 Vietnam: Shin Tae-yong Salahkan Wasit

Piala Wali Kota Solo bekerja sama dengan Indosiar dan Vidio terkait hak siar, dengan dua kali jam tayang pada pukul 15.15 WIB dan 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya