SOLOPOS.COM - COO Bhayangkara FC, Sumardji (kiri), bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menyaksikan uji coba Persis melawan Bhayangkara FC di Stadion Mini Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, akhir pekan lalu. (Istimewa/Bhayangkara FC)

Solopos.com, SOLO—Pelaksanaan Piala Wali Kota Solo 2021 semakin mepet dengan Liga 1 yang rencananya digelar 10 Juli 2021.

Turnamen pramusim tersebut resmi mundur dari jadwal awal 20-26 Juni 2021 menjadi 29 Juni-4 Juli 2021. Sebelumnya Piala Wali Kota Solo sempat diwacanakan ditunda menjadi 27 Juni-3 Juli 2021 lantaran meningkatnya kasus Covid-19 di Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jadwal terbaru tersebut praktis hanya berjarak kurang dari sepekan dengan kick-off Liga 1. Kondisi itu berpotensi membuat persiapan tim Liga 1 peserta Piala Wali Kota untuk kompetisi resmi menjadi riskan.

Perseteruan Persis Solo-Kuhnle Masuki Babak Baru

Ekspedisi Mudik 2024

Diketahui, empat dari delapan kontestan Piala Wali Kota Solo adalah tim dari kasta tertinggi yakni Persib Bandung, Arema FC, Bhayangkara FC, dan Bali United.

Bhayangkara FC sendiri tengah mengkaji keikutsertaan mereka di Piala Wali Kota Solo. The Guardian menilai jadwal terbaru turnamen terlalu mepet dengan kompetisi resmi.

Hal itu berpotensi mengorbankan keseimbangan tim apabila ada sejumlah pilar yang cedera di ajang tersebut. Bali United juga tengah menimbang menarik diri dari Piala Wali Kota Solo mengingat mereka bakal mengikuti ajang Piala AFC mulai 3 Juli 2021.

Persis Solo 1-2 Bali United: Penyelesaian Akhir Jadi Catatan

 

Alternatif

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan kepastian mundurnya turnamen pramusim telah disampaikan kepada para peserta Piala Wali Kota Solo. Gibran berharap jadwal baru nantinya tak bertabrakan dengan agenda lain.

Meski demikian pihaknya sudah mengkaji sejumlah alternatif apabila ada tim yang mundur dari turnamen. “Seperti Bali United yang akan main di Piala FC, mangga nanti keputusannya mereka seperti apa. Kalau jadwalnya bentrok, nanti kami carikan tim pengganti. Tidak masalah,” ujar Gibran saat ditemui wartawan di Solo, Rabu (16/6/2021).

Gibran mengakui tertundanya Piala Wali Kota tak lepas dari meningkatnya persebaran Covid-19 di Jateng, termasuk Soloraya. Menurut dia, ada instruksi dari Gubernur Ganjar Pranowo dan Kapolda Irjen Pol. Ahmad Luthfi agar turnamen pramusim ditunda sepekan.

Persis Solo Pede Jadi Tuan Rumah Liga 2

Gibran sendiri enggan berandai-andai apabila ke depan ajang tersebut dibatalkan karena kasus Covid-19 yang terus meningkat. “Protokol kesehatan sebenarnya sudah kami siapkan semua, pemain sudah divaksin, tanpa penonton. Kami juga sudah menyiapkan kantung-kantung khusus di hotel sehingga pemain tidak malah jalan-jalan.”

Sementara itu Persis mulai menjadwal ulang porsi latihan seusai penundaan Piala Wali Kota Solo. Media Officer Persis, Bryan Barcelona, mengatakan ada penyesuaian latihan sepekan ke depan merespons jadwal terbaru Piala Wali Kota.

“Soal adakah uji coba pengganti dalam sepekan ke depan, masih perlu didiskusikan dengan tim pelatih,” ujar Bryan kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya