SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali (kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengangkat trofi Piala Presiden 2022 seusai melakukan konferensi pers di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Jakarta Pusat, Senin (6/6/2022). (PT Liga Indonesia Baru)

Solopos.com, JAKARTA—Akhir pekan ini Piala Presiden 2022 kick-off di Stadion Manahan Solo. Persis Solo vs PSS Sleman akan menjadi laga pembuka turnamen pramusim yang diikuti 18 klub Liga 1 2022/2023.

Event yang digelar di Samarinda, Solo, Malang, dan Bandung tersebut bakal menyediakan hadiah total Rp5,5 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Juara Piala Presiden 2022 pada awalnya akan menerima uang senilai Rp2 miliar.  Namun Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membuat kebijakan menaikkan hadiah menjadi Rp3 Miliar. Lalu untuk runner-up Rp1,5 miliar dan peringkat ketiga serta keempat Rp500 juta.

Baca Juga: Piala Presiden 2022 Kickoff 11 Juni di Solo, Seluruh Laga Disiarkan TV

“Insya Allah Piala Presiden 2022 dimulai 11 Juni nanti di Stadion Manahan, Solo. Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sudah memberikan dukungan penuh PSSI untuk turnamen ini,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (6/6/2022).

“Persiapan jelang turnamen ini sudah kami lakukan dengan baik, kami berharap Piala Presiden 2022 berjalan lancar, sukses dan sesuai yang kami harapan,” tambahnya.

Piala Presiden 2022 diikuti 18 klub Liga 1 2022/2023. Dikarenakan jumlah klub berjumlah 18, terdapat grup yang dihuni lima tim, dan empat tim. Solo kedapatan bakal dihuni lima tim, bersama dengan Samarinda.

Baca Juga: Piala Presiden 2022 Boleh Dihadiri Penonton, tetapi…

Solo menjadi tuan rumah Grup A, Samarinda sebagai tuan rumah Grup B, Bandung untuk Grup C, dan Grup D ditetapkan Malang sebagai tuan rumah.

“Babak penyisihan grup akan memainkan sebanyak 32 pertandingan dari 11 Juni hingga 28 Juni 2022. Pada babak ini dalam satu hari akan ada dua pertandingan,” ungkap perwakilan OC, Sudjarno, dikutip dari laman PT Liga Indonesia Baru.

Nantinya, dua tim peringkat teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak perempat final dan bertanding pada 1 dan 2 Juli 2022 memakai format single match.

Baca Juga: Persis Solo vs PSS Sleman Buka Piala Presiden 2022

Berbeda dengan babak perempat final, babak semi final akan memakai format home-away yang akan bertanding pada 6 dan 10 Juli 2022. Begitu pun untuk babak final juga menggunakan format home-away yang akan dihelat 14 dan 17 Juli 2022.

“Turnamen pra musim ini akan menjadi contoh sepak bola kita dengan penonton sesuai dengan kapasitas PPKM di daerah setempat,” lanjut Sudjarno.

Selain itu, untuk mendukung partisipasi wakil Indonesia pada ajang AFC Cup 2022, Bali United FC dan PSM Makassar ditempatkan di grup yang terdiri atas empat tim. Keduanya juga tidak berada dalam satu grup agar pelaksanaan babak penyisihan tidak melewati jadwal AFC Cup 2022.

 

Pembagian Grup Piala Presiden 2022:

Grup A (Solo): Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B (Samarinda): Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, Madura United

Grup C (Bandung): Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Grup D (Malang): Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya