SOLOPOS.COM - Pemain PSIS Semarang (berseragam biru) berebut bola dengan pemain Persela Lamongan (berseragam abu-abu) di pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Presiden 2018 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, Selasa (30/1/2018) sore. (Instagram-@perselafc)

Piala Presiden 2018 yang mempertemukan PSIS Semarang dan Persela Lamongan berakhir dengan kemenangan PSIS Semarang.

Semarangpos.com, MALANG – Pada laga terakhirnya di Piala Presiden 2018 melawan Persela Lamongan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), Selasa (30/1/2018) sore, PSIS Semarang Semarang akhirnya mampu meraih kemenangan pertamanya. Meski menang. anak-anak asuh Subangkit tak mampu melaju ke babak berikutnya lantaran hanya mengoleksi tiga poin dan berada di posisi ketiga klasemen Grup E Piala Presiden 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertandingan mulanya berjalan dengan tempo lambat dari kedua tim pada babak pertama. Umpan pendek disajikan para pemain PSIS Semarang, sedangkan Persela Lamongan kerap memamnfaatkan umpan lambung demi menembus pertahanan PSIS Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

[Baca juga Babak Pertama, PSIS Semarang Tahan Imbang Persela Lamongan]

Namun demikian, Laskar Mahesa Jenar—julukan PSIS Semarang—dan Laskar Joko Tingkir—julukan Persela Lamongan—tak mampu mencetak satu pun gol di babak pertama. Skor kacamata, 0-0, adaah hasil akhir di babak pertama pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Presiden 2018 antara PSIS Semarang dan Persela Lamongan.

Babak kedua dimulai dengan serangan cepat yang disajikan anak-anak Semarang. Kesempatan emas langsung didapatkan PSIS Semarang di menit ke-46 melalui tendangan bebas dari depan kotak penalti Persela Lamongan. Sayang, sepakan keras Aldaier Makatindu masih melebar tipis di atas mistar gawang Persela Lamongan.

Pada menit ke-48, PSIS Semarang kembali mendapatkan kesempatan untuk menjebol gawang tim besutan Aji Santoso. Bayu Nugroho yang hanya berhadapan dengan kiper Persela Lamongan, Alexander, justru kehilangan keseimbangan dan tak mampu melesakkan bola ke dalam gawang.

Di awal babak kedua, PSIS Semarang terus menekan dengan memanfaatkan kecepatan Bayu Nugroho dan Komarudin. Sedangkan Persela Lamongan hanya memanfaatkan umpan lambung yang selalu kandas di lini tengah.

Persela Lamongan mengganti dua pemainnya sekaligus pada menit ke-52. Fathkullo digantikan  Ghivari Faiz dan Fahmi Al Ayubi juga ditarik keluar digantikan  Diki Prayoga.

[Baca juga PSIS Turunkan Pemain Lapis Ke-2 Lawan Persela, Begini Susunannya…]

Serangan PSIS Semarang akhirnya membuahkan hasil di menit ke-55. Bayu Nugroho yang lagi-lagi hanya berhadapan dengan Alexander mampu melakukan sontekan cantik. Alexander yang tak mampu menjangkau sontekan Bayu, untuk kali pertama terpaksa harus memungut bola dari gawangnya. Berkat gol Bayu, PSIS Semarang unggul atas Persela Lamongan dengan skor 1-0 di menit ke-55.

Di menit ke-58, PSIS Semarang menarik keluar dua pemain tengahnya, Akbar dan Hafit. Mereka ditarik keluar digantikan M. Yunus dan Gilang Ginarsa. Dengan digantikannya Hafit dengan Gilang Ginarsa, PSIS Semarang mulai mengubah susunan pemainnya dari 3-4-3 menjadi 4-3-3.

Persela Lamongan mampu mengacaukan pertahanan PSIS Semarang di menit ke-63 kala pemain sayapnya, Sugeng, merangsek masuk di sisi kanan pertahanan PSIS Semarang. Namun sayang, umpan cantik yang ia berikan tak mampu dikonversi menjadi gol oleh tiga pemain Persela Lamongan yang berdiri di depan gawang PSIS Semarang.

Memasuki 25 menit terakhir, kedua tim tampak menurunkan tempo pertandingan. PSIS Semarang yang unggul 1-0 mulai berhati-hati dalam membangun serangan agar tak kecolongan gol.

Para pemian kembali diberikan waktu istirahat, water-break, di menit ke-75. Selama kurang lebih lima menit, pertandingan dihentikan untuk memberkan kesempatan pemain beristirahat.

Selepas water-break, PSIS Semarang justru tampil lebih ganas dengan terus menekan pertahanan Persela Lamongan. Bayu Nugroho lagi-lagi mendapatkan kesempatan di menit ke-77 kala berhadapan satu lawan satu dengan kiper Persela Lamongan, Alexander. Namun Bayu yang terlalu lama menahan bola gagal melepas tembakan ke arah gawang.

Di menit ke-80, Persela Lamongan melakukan pergantian pemain untuk kali ketiga. Kali ini,  Jefferson ditarik keluar digantikan Agung. Sementara itu, PSIS Semarang juga melakukan pergantian pemain dengan mengganti Bayu Nugroho dengan Arif Yanggi.

Tak ada peluang berarti hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. PSIS Semarang pun akhirnya meraih kemenangan pertama di Piala Prsiden 2018 dengan mengalahkan Persela Lamongan, 1-0.

Meski menang, PSIS Semarang tak mampu lolos ke babak berikutnya lantaran hanya mengoleksi tiga poin. Sedangkan dua tim lain di Grup E Piala Presiden 2018, Bhayangkara FC dan Arema FC sudah mengoleksi empat poin dan masih menyisakan satu pertandingan. Persela Lamongan yang kalah dari PSIS Semarang juga harus mengubur asanya untuk melaju ke babak berikutnya di Piala Presiden 2018 karena hanya mengoleksi dua poin dan berada di dasar klasemen.

Susunan Pemain:

PSIS Semarang:
Ferdiansyah; Petar Planic, Haudi Abdillah (c), Fauzan; Akbar Riansyah [58’], Ibrahim Conteh, Hafit [58’], Frendy Saputra; Komarudin, Gustur [42’], Bayu Nugroho [80’].
Cadangan: Aji Bayu; Gilang [58’], Rio Saputro, M. Yunus [58’], Ruud Gullit, Aldaier [42’], Arif Yanggi [80’]
Pelatih: Subangkit

Persela Lamongan:

Alexander; Arif Satria, Wallace, Birrul W (c), Eky Taufik; Fathkullo [52’], Basith Subagja, Sugeng, Jefferson [80’]; Fahmi Al Ayubi [52’], Alesandro Celin
Cadangan: Fitrul; Jodikus, Samsul Arifin, Agung [80’], Dio Permana, Diki P [52’], Ghivari Faiz [52’]
Pelatih: Aji Santoso (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya