SOLOPOS.COM - EMOSIONAL -- Octavia Spencer tak kuasa menahan tangis setelah menerima Piala Oscar untuk kategori aktris pemeran pembantu terbaik. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

PERAIH TERTUA -- Christopher Plummer mencatat sejarah sebagai peraih tertua Piala Oscar. Dia meraih penghargaan bergengsi itu dalam usia 82 tahun untuk kategori aktor pemeran pembantu terbaik dalam film Beginners. (JIBI/SOLOPOS/Reuters).

LOS ANGELES – Penganugerahaan penghargaan bergengsi perfilma Amerika, Academy Awards atau yang lebih populer disebut Piala Oscar memberikan kejutan, Senin (27/2/2012). Aktor senior Christopher Plummer meraih penghargaan aktor pemeran pembantu terbaik untuk perannya dalam film Beginners, sementara untuk kategori aktris pemeran pembantu terbaik Octavia Spencer meraih piala itu untuk perannya dalam The Help.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Film garapan sutradara veteran Martin Scorsese, Hugo, yang berkisah tentang seorang anak yang tersesat di sebuah stasiun kereta api, sementara meraih 5 penghargaan dari 11 nominasi yang sejauh ini diraupnya. Kelima penghargaan itu mencakup sinematografi, art direction, sound editing, sound mixing dan visual effects.

Film romantis dengan setting era film bisu The Artist yang diunggulkan dengan 10 nominasi sementara meraih dua penghargaan untuk desain kostum dan tata musik. The Iron Lady, film tentang Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher yang dibintangi Meryl Streep sementara memenangi satu piala untuk tata rias.

EMOSIONAL -- Octavia Spencer tak kuasa menahan tangis setelah menerima Piala Oscar untuk kategori aktris pemeran pembantu terbaik. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Christopher Plummer yang lebih dikenal dengan perannya sebagai Kapten Von Trapp dalam film musikal klasik Sound of Music sekaligus mencatat sejarah sebagai pemenang tertua Oscar, karena dia meraih penghargaan bergengsinya ini untuk kali pertama dalam usia 82 tahun saat ini. Plummer yang dalam Beginners berperan sebagai orangtua yang setelah puluhan tahun akhirnya mengakui kepada keluarganya bahwa dia gay, sedikit bergurau saat menerima Piala Oscar. “”Kamu cuma dua tahun lebih tua dari aku, sayang. Ke mana saja kamu selama ini,” ujarnya seraya memandangi piala berlapis emas itu. Penyelenggaraan penghargaan Academy Awards, yang diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences saat ini sudah berusia 84 tahun.

Octavia Spencer, yang bisa dibilang pendatang baru jika dibandingkan dengan Plummer, terlihat sangat emosional saat menerima penghargaan untuk perannya dalam The Help yang berkisah soal perjuangan HAM kaum kulit hitam di negara bagian wilayah selatan AS. “Terima kasih Akademi karena telah meletakkanku di sini bersama orang-orang paling keren,” ujarnya.

Film Iran yang berkisah soal perceraian, A Separation, juga sukses menggaet Oscar sebagai film asing terbaik. “Saya dengan bangga mempersembahkan penghargaan ini bagi rakyat negeri saya, orang-orang yang menghormati semua kebudayaan dan peradaban dan mengutuk kekerasan dan kebencian,” ujar sang sutradara, Ashgar Farhadi.

JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris S/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya