SOLOPOS.COM - Timnas U-16 (Berita8.com)

Solopos.com, SOLO-Turnamen Piala Menteri Pendidikan dan Olahraga (Menpora) bakal mulai diputar di Kota Solo pada 16 Februari 2014. Kejuaraan yang digelar di 32 kota di Indonesia itu dirancang untuk membidik bibit unggulan bagi tim nasional (Timnas) U-16.

Sebanyak 14 sekolah sepak bola (SSB) di wilayah Soloraya akan memperebutkan gelar juara. Dua tim terbaik berhak melenggang ke turnamen tinggal nasional dan bersaing dengan jawara dari kota lain.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Ketua Panitia Pelaksana Piala Menpora wilayah Solo, Agus Saparno, menyatakan babak pertandingan bagi SSB se-Soloraya dijadwalkan dihelat di Stadion Sriwedari pada 16 Februari hingga 20 Maret mendatang.

Babak penyisihan grup hanya diselenggarakan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara babak perempat final hingga final diperkirakan digelar mulai Maret 2014.

“14 tim akan dibagi menjadi dua grup, jadi setiap tim harus menjalani enam kali pertandingan,” urai dia saat dihubungi Espos, Rabu (25/12).

Lebih lanjut, Agus menerangkan turnamen bagi siswa SSB berusia di bawah 14 tahun itu menggunakan lapangan penuh layaknya pertandingan bagi pemain profesional. Namun, pertandingan hanya digelar selama 2×30 menit.

Selain itu, panitia juga menyertakan syarat khusus bagi peserta yang ingin mengikuti turnamen. Peserta yang didaftarkan wajib tercatat sebagai siswa SSB selama minimal dua tahun. Selain itu, masing-masing peserta juga dikenai biaya pendaftara Rp180.000.

“Setiap tim hanya boleh menyertakan 18 pemain, setiap pemainnya harus membayar Rp180.000, jadi biaya pendaftarannya sesuai jumlah peserta yang didaftarkan,” ungkap Agus.

Hingga saat ini, telah terdapat enam tim yang mendaftarkan diri, yakni New Pelita Solo, Solo United, IM Sragen, Mandiri Sragen, Putra Utama Nguter Sukoharjo dan Pesat Karanganyar. “Beberapa SSB di Solo belum bisa ikut karena usianya belum dua tahun, siswa mereka otomatis belum dua tahun belajar,” kata dia.

Selain Kota Bengawan, turnamen itu juga bakal diselenggarakan dua daerah lain di Jawa Tengah, yaitu Kudus dan Semarang. Dua tim terbaik di setiap venue akan bertarung dengan pemenang dari daerah lain untuk memperebutkan gelar juara Piala Menpora 2014.

“Kalau turnamen tingkat nasional digelar di Jakarta dan Jogja setelah Pemilu 2014 nanti,” sambungnya.

Agus mengatakan pesepak bola terbaik dari tim yang berlaga di turnamen tingkat nasional berpeluang direkrut sebagai pemain Timnas U-16. Menurutnya, turnamen itu memang sengaja digelar untuk mecari bibit-bibit unggulan Timnas.

“Mereka [peserta] kan usianya 14 tahun, masih memiliki waktu dua tahun untuk berancang-ancang masuk Timnas U-16,” tutup dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya