Piala Menpora 2021: Persik Kediri Bungkam Madura United, RD Timnya Tak Efektif
Solopos.com|sport

Piala Menpora 2021: Persik Kediri Bungkam Madura United, RD Timnya Tak Efektif

Madura United kembali meriah hasil buruk seusai ditekuk Persik Kediri. Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, menilai para pemainnya tak efektif melakukan penyelesaian akhir.

Solopos.com, BANDUNG -- Persik Kediri sukses menaklukkan Madura United dalam laga lanjutan Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). Persik menang tipis 2-1 dan membawa pulang tambahan tiga poin.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, menilai kekalahan timnya karena tidak efektif melakukan penyelesaian akhir.  "Jujur kita sejauh ini selalu dalam sebuah pertandingan banyak mendapat momen atau peluang-peluang. Tapi kurang efektif dalam penyelesaian, ini jadi evaluasi," kata pelatih yang akrab disapa RD setelah pertandingan.

Pada laga menghadapi Persik, Madura memang tampak tampil lebih dominan dalam penguasaan bola dan serangan. Madura mendapat peluang emas, salah satunya saat sundulan Markho berhasil diblokade bek Persik Dany Saputra.

Baca Juga: Tanpa Pemain Asing, PSIS Semarang jadi Tim Terproduktif di Pramusim

Selain itu, Bruno Lopes juga mendapat peluang yang berujung gol indah ke gawang Dian Agus pada menit ke-48. Namun gol itu dianulir wasit karena Bruno dianggap terjebak pada posisi offside.

Berbagai peluang lainnya pun didapat oleh Madura hingga menit-menit sisa pertandingan. Namun para pemain depan Madura tak mampu mengonversi peluang tersebut menjadi skor.

RD mengaku akan berkoordinasi dengan manajemen untuk sama-sama melakukan evaluasi setelah melakoni sejumlah laga yang tidak cukup memuaskan.

Jalannya Pertandingan

Dari awal pertandingan Persik tampak tampil lebih agresif dalam melancarkan serangan. Sedangkan Madura terlihat cukup sulit untuk membangun serangan dan dan sesekali melakukan serangan balik.

Baca Juga: Diam-Diam Persis Solo Terjunkan Pemandu Bakat di Piala Menpora

Pada menit ke-20, Madura baru bisa menemukan pola membangun serangan. Sesekali Beto Goncalves pun mendapat peluang meski belum mampu mengubah skor.

Berjalan ke menit 30, Persik tampak didikte oleh permainan dan penguasaan bola yang dibangun oleh skuad asuhan RD. Madura hampir membuka keunggulan yang berawal dari sepakan pojok pada menit ke-35. Saat itu umpan dari sepak pojok berhasil disundul oleh Marckho dari Madura. Namun masih bisa diblokade oleh pemain belakang Persik Dany Saputra meski telah lolos oleh penjagaan kiper Dian Agus.

Lalu pada menit ke-48 Bruno Lopes berhasil menjebol gawang Dian Agus setelah menerima dengan baik umpan terobosan dari Jaja. Namun wasit memutuskan posisi Lopes pada saat itu terjebak pada posisi offside. Hingga babak pertama berakhir, skor masih imbang tanpa gol.

Berjalan ke babak kedua, laga langsung dibuka dengan M Sabillah yang melakukan pelanggaran di hadapan gawang Persik ketika Bruno Lopes sedang berupaya menyundul bola. Saat itu tampak tangan Sabillah mendorong punggung Bruno Lopes hingga terjatuh.

Hadiah Penalti

Wasit menunjuk titik putih dan memberikan hadiah tendangan penalti kepada Madura. Beto Goncalves yang tampil sebagai eksekutor, berhasil membawa Madura unggul 1-0 atas Persik pada menit ke-71.

Setelah kebobolan dari titik putih, Persik tampil lebih menekan Madura. Sehingga tak jarang kedua tim beradu kekuatan di lini tengah.

Baca Juga: Mantan Kapten Persis Solo Gabung PSIM Jogja

Pada menit ke-70, giliran Persik mendapat hadiah tendangan penalti. Saat itu, Faris Aditama dilanggar oleh Marckho ketika berupaya masuk ke jantung pertahanan Madura. Andri Ibo maju sebagai eksekutor. Kapten Persik itu berhasil mencetak gol dari titik putih hingga menyamai kedudukan dengan Madura dengan skor 1-1.

Antoni Putro Nugroho yang masuk ke lapangan dari bangku cadangan akhirnya menjadi penentu kemenangan Persik. Pemain bernomor punggung 17 itu mencetak gol setelah mendapat celah saat dikawal ketat bek Madura Jaimerson Da Silva pada menit ke-79.

Pada menit-menit sisa pertandingan, para pemain belakang Persik berjibaku mempertahankan gawang dari ancaman serangan Madura. Namun Madura tidak berhasil mengubah keadaan hingga harus rela kehilangan tiga poin.

Susunan pemain:

Persik Kediri: Dian Agus (PG), Sanjaya, Andri Ibo, M Sabililah, Dany, Yusuf, Ady Eko, Sackie, Krisna, Aldo, Septian Bagaskara.

Madura United: M Ridwan (PG), Marckho, Jaimerson, Kadek, Samuel, Zulfiandi, Pepper, Slamet Nurcahyo, Jaja, Bruno Lopes, Beto Goncalves.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago