SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Bisnis-PSSI)

Solopos.com, JAKARTA—Nasib penyelenggaraan turnamen sepak bola Piala Indonesia 2022/2023 hingga saat ini belum jelas. PSSI masih mencari sponsor untuk menggelar turnamen yang diikuti oleh klub-klub Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan masih berupaya menggelar turnamen Piala Indonesia 2022/2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami terus berusaha dan mohon waktu. Masih ada peluang untuk dilaksanakan. Kami sudah mendiskusikannya dengan tim,” ujar Iriawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Shayne Pattynama Segera Susul Jordi-Sandy Gabung Timnas Indonesia

Pernyataan tersebut sekaligus sebagai klarifikasi terkait beredarnya kabar yang menyatakan PSSI tidak akan menggulirkan Piala Indonesia pada 2022.

Meski demikian, Iriawan mengakui PSSI terkendala pendanaan untuk melangsungkan turnamen tersebut. Itulah yang membuat PSSI terus mengupayakan sponsor supaya Piala Indonesia 2022-2023 dapat terlaksana.

“Memutar turnamen itu kan memakai uang. Jumlahnya hampir Rp45 miliar, termasuk untuk akomodasi, transportasi, pelaksanaan dan sebagainya. Jadi, mudah-mudahan kami mendapatkan sponsor,” tutur purnawirawan polisi berpangkat Komisaris Jenderal itu.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jadi Pemain Timnas Indonesia, Jordi-Sandy Diingatkan Soal Ini

Iriawan melanjutkan beberapa pihak yang diusahakan untuk menjadi sponsor utama adalah perusahaan-perusahaan BUMN.

Itu dipertimbangkan lantaran Liga 1 Indonesia disokong oleh perusahaan BUMN yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) sejak musim 2021-2022 sampai saat ini.

“Kami akan menjajaki itu (sponsor perusahaan BUMN) juga. Kami sedang bekerja untuk bisa merealisasikan Piala Indonesia tersebut,” kata Iriawan.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jordi Amat dan Sandy Walsh Perkuat Timnas Indonesia

Sebelumnya, rencana penyelenggaraan Piala Presiden 2022-2023 sudah disebarluaskan PSSI lewat surat edaran bernomor 2312/PGD/223/VI-2022 kepada klub-klub Liga 1, 2 serta semua Asosiasi Provinsi mereka.

Dalam dokumen tersebut tertulis Piala Indonesia terbaru akan berlangsung pada Agustus 2022-Maret 2023. PSSI menyatakan kompetisi tersebut akan diikuti oleh 64 tim dan terbagi dalam beberapa babak yaitu 64 besar, 32 besar, 16 besar, delapan besar, semifinal dan final.

Adapun 64 tim peserta adalah 18 klub Liga 1 , 28 klub Liga 2 dan 18 klub Liga 3. Nantinya, juara Piala Indonesia 2022-23 berpotensi mewakili Indonesia di Piala AFC.

Baca Juga: Liga 2 2022/2023 Resmi Dimulai dari Stadion Si Jalak Harupat

Kompetisi Piala Indonesia terakhir kali digelar pada musim 2018-19, di mana PSM Makassar keluar sebagai juara setelah kemenangan agregat 2-1 atas Persija Jakarta dalam partai final yang digelar dengan format kandang-tandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya