SOLOPOS.COM - Rochdale vs Tottenham Hotspur (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Piala FA menyajikan Rochdale yang mampu menahan imbang Tottenham Hotspur.

Solopos.com, ROCHDALE – Pendukung Tottenham Hotspur hanya bisa memegangi kepala saat Steve Davies menjebol gawang timnya di injury time babak kedua di Crown Oil Arena, Senin (19/2/2018) dini hari WIB. Striker tim League One (kasta ketiga di Inggris), Rochdale, itu tak kuasa menahan emosi dan berlari ke rekan-rekannya seusai membobol gawang Spurs yang dijaga Michel Vorm.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Entah mimpi apa Davies hingga akhirnya dia menjadi pahlawan yang menghindarkan tim dari kekalahan di babak kelima Piala FA. Gol pemain kelahiran Liverpool itu membuat kedudukan menjadi sama kuat 2-2 dan memaksa Tottenham menggelar replay di Stadion Wembley, 1 Maret.

Mungkin tak ada yang menyangka Rochdale mampu mengimbangi klub sekelas Tottenham yang dilaga sebelumnya menahan jawara Italia, Juventus, dengan skor 2-2 di Liga Champions. Maklum klub berjuluk The Dale itu amat jeblok di kompetisi domestik.

Mereka menjadi juru kunci di League One dengan hanya memetik lima kemenangan di 28 pertandingan. Rochdale sempat hampir menerima nasib buruk saat Harry Kane mencetak gol dari titik penalti di menit ke-88. Gol itu mengubah kedudukan menjadi 2-1 bagi keunggulan Spurs. Padahal tuan rumah sempat merangkai asa saat unggul lebih dulu di menit ke-45 lewat Ian Henderson sebelum disamakan Lucas Moura di menit ke-59.

Saat laga tinggal hitungan detik, Davies membuat fans The Dale bergemuruh lewat gol via tembakan yang melesat ke tiang jauh gawang Spurs. “Saya baru saja kembali dari cedera tujuh pekan dan menemukan sulitnya kembali ke tim inti. Namun saya berhasil melakukan pekerjaanku. Saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi, mungkin inilah yang membuat kejuaraan ini sangat spesial,” ujar Davies dilansir The Guardian, Senin.

Karier Davies memang hanya dihabiskan untuk bermain di klub level Championship dan League One. Sebelum membela Rochdale, dia pernah membela Tranmere Rovers, Derby County hingga Blackpool.  Pemain 30 tahun ini tak percaya dapat menginjak tanah Wembley di laga replay melawan Spurs.

Sebagai gambaran, kapasitas kandang The Dale hanya sekitar 10.000 orang atau 11% dari kapasitas Wembley yang mencapai 90.000 orang. “Saya selalu bermimpi bisa bermain di Wembley dan saya katakan sekarang saya akan bermain di sana, jika saya diturunkan,” ucap Davies.

Pelatih Spurs, Mauricio Pochettino, mengaku tak kaget dengan penampilan merepotkan The Dale. Dia menyebut Piala FA selalu bisa menyuntikkan motivasi tinggi bagi tim antah berantah. “Saya tak terkejut. Ini kompetisi yang benar-benar berbeda. Newport memberi kami pertandingan yang fantastis [di babak keempat] dan mereka kalah di pertandingan berikutnya di liga dengan skor 5-0,” tutur Poch dilansir BBC.

Laga replay pada 1 Maret 2018 tentu sedikit mengganggu Spurs yang akan menghadapi Huddersfield dan Juventus sepekan selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya