SOLOPOS.COM - REUTERS/Michael Dalder

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan torehan rekor Cristiano Ronaldo.

Solopos.com, PARIS – Cristiano Ronaldo berhasil memenangi Piala Eropa 2016 bersama Portugal. Namun tak hanya gelar tersebut, CR7 juga mencatatkan sejumlah rekor di ajang empat tahunan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Portugal memenangi Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan tuan rumah Prancis di partai puncak, Senin (11/7/2016) dini hari WIB. Tim berjuluk Selecao das Quinas itu menang dengan skor 1-0 berkat gol Eder di masa perpanjangan waktu.

Dalam pertandingan tersebut, Ronaldo tak bisa berkontribusi banyak lantaran sudah ditarik keluar di menit ke-25 karena cedera. Tapi, beberapa rekor sudah dicatatkan oleh pemain Real Madrid itu sepanjang partisipasinya di putaran final di Prancis.

Berikut adalah rekor-rekor yang ditorehkan Ronaldo di Piala Eropa 2016 seperti dikutip dari situs resmi UEFA yang dilansir Detik.com:

– Pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Eropa

Sebelum Piala Eropa 2016 bergulir, Ronaldo sudah mengoleksi enam gol di putaran final. Jumlah itu menempatkannya bersama beberapa nama seperti Ruud van Nistelrooy, Patrick Kluivert, Thiery Henry, Nuno Gomes, dan Zlatan Ibrahimovic.

Ronaldo lantas menambah tiga gol lagi selama putaran final di Prancis. Gol sundulannya ke gawang Wales di babak semifinal membuat koleksi gol Ronaldo menjadi sembilan. Dengan jumlah tersebut, Ronaldo ada di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak di putaran final Piala Eropa, bersanding dengan Michel Platini.

– Pemain dengan penampilan terbanyak di putaran final Piala Eropa

Ronaldo sudah tampil 14 kali di putaran final Piala Eropa saat menuju ke Prancis. Ronaldo kemudian jadi pemain pertama yang tampil 17 kali di putaran final saat tampil melawan Hungaria, melewati rekor Lilian Thuram dan Edwin van der Sar (16).

Berlaga sampai final, Ronaldo kini tercatat sudah tampil 21 kali. Ia mengungguli Bastian Schweinsteiger (18) yang terhenti di semifinal dan Gianluigi Buffon (17) yang hanya sampai perempatfinal.

– Pemain pertama yang mencetak gol di empat putaran final Piala Eropa

Ronaldo memulai Piala Eropa 2016 di Prancis sebagai salah satu dari tujuh pemain yang sudah mencetak gol di tiga putaran final. Ia bersaing dengan Zlatan Ibrahimovic untuk menjadi pemain pertama yang mencetak gol di empat putaran final.

Ronaldo harus menunggu hingga laga ketiga di fase grup melawan Hungaria untuk memecahkan rekor tersebut. Dengan Ibrahimovic yang sama sekali tak mencetak gol selama di Prancis, maka rekor tersebut jadi millik Ronaldo seorang. Ronaldo juga jadi satu-satunya pemain yang mencetak tiga gol di lebih dari satu putaran final.

– Pemain dengan penampilan terbanyak untuk Portugal

Ronaldo menorehkan rekor lainnya di pertandingan melawan Austria di matchday 2 fase grup. Ia melewati rekor Luis Figo (127) sebagai pemain Portugal dengan caps terbanyak dengan 128 pertandingan. Sampai laga final, Ronaldo menajamkan rekornya menjadi 133 caps.

– Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Eropa (termasuk kualifikasi)

Dengan sembilan gol yang ia buat di putaran final, Ronaldo kini sudah mengoleksi total 29 gol di Piala Eropa termasuk kualifikasi. Ia mengungguli Zlatan Ibrahimovic yang membukukan total 25 gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya