PIALA EROPA 2016 : Profil Rusia: Berpengalaman Tampil di Euro

PIALA EROPA 2016 : Profil Rusia: Berpengalaman Tampil di Euro
SOLOPOS.COM - Timnas Rusia (Sport Express)

Piala Eropa 2016 diikuti oleh Timnas Rusia yang tergabung di grup B.

Solopos.com, SOLO – Timnas Rusia mungkin tidak setenar Prancis, Inggris, atau Jerman di kancah sepak bola internasional. Namun di ajang Euro, mereka cukup berpengalaman.

Rusia total telah berpartisipasi di putaran final Piala Eropa sebanyak 11 kali. Jumlah itu hanya kalah dari Jerman yang sudah tampil sebanyak 12 kali di ajang Euro. Selain itu, Rusia juga pernah memenangi kejuaraan tersebut.

Pada 1960 silam, saat masih bernama Uni Soviet, Rusia menjadi raja sepak bola Eropa dengan memenangi Euro. Kini, mereka mencoba mengulangi hal tersebut di Piala Eropa 2016 di Prancis, Juni menadatang. Menariknya, mereka menjadi satu-satunya tim di grup B yang sudah pernah mengangkat trofi Piala Eropa.

Ya, Rusia akan bersaing dengan Inggris, Wales, dan Slovakia di grup B. Inggris mungkin paling difavoritkan dalam hal ini, tapi mereka belum pernah memenangi Euro seperti halnya Rusia. Sementara Wales baru kali pertama bermain di Piala Eropa dan Slovakia tak punya prestasi banyak.

Rusia pun cukup diunggulkan untuk mendampingi Inggris lolos ke babak knock out. Apalagi mereka memiliki sosok pemain yang tengah bersinar dalam diri Artem Dzyuba. Striker 28 tahun ini menjadi andalan Rusia di lini depan.

Bersama Zenit St. Petersburg, Dzyuba telah mencatatkan 10 gol dari 21 pertandingan. Sementara untuk Timnas Rusia, Dzyuba juga sudah mencetak 10 gol. Tapi, delapan gol dicatatkannya saat kualifikasi Piala Eropa 2016. Hal ini tentu menjadi ancaman bagi tim lawan.

Sebenarnya, Timnas Rusia tak begitu dijagokan di babak kualifikasi. Hal itu menyusul pemecatan Fabio Capello sebagai pelatih kepala. Namun Leonid Slutsky, yang menggantikan posisi Capello, justru membawa tim berjuluk Sbornaja itu melenggang ke putaran final Euro 2016.

Slutsky memang tak cukup tenar di level internasional. Namun pelatih 45 tahun itu sangat berprestasi di Rusia. Dia mampu membawa klub CSKA Moscow memenangi enam gelar. Tangan dinginnnya terbukti di babak kualifikasi kemarin dengan membawa Rusia meraih empat kememangan beruntun hingga berhasil melaju ke putaran final Piala Eropa 2016.

Berikut skuat sementara Timnas Rusia:

Kiper: Igor Akinfeyev (CSKA Moscow), Yury Lodygin (Zenit St Petersburg), Artem Rebrov (Spartak Moscow)

Bek: Alexei Berezutsky, Vasily Berezutsky, Sergei Iagnashevich (semuanya CSKA Moscow), Vladimir Granat, Dmitry Kombarov (both Spartak Moscow), Yury Zhirkov (Dynamo Moscow), Oleg Kuzmin (Rubin Kazan), Igor Smolnikov (Zenit St Petersburg)

Tengah: Yury Gazinsky, Pavel Mamaev (both FC Krasnodar), Denis Glushakov, Roman Shirokov (both Spartak Moscow), Igor Denisov, Alexei Ionov (keduanya Dynamo Moscow), Alan Dzagoev (CSKA Moscow), Alexander Yerokhin (Ural Yekaterinburg), Oleg Shatov (Zenit St Petersburg), Denis Cheryshev (Real Madrid)

Penyerang: Artem Dzyuba (Zenit St Petersburg), Alexander Kokorin (Dynamo Moscow), Fedor Smolov (FC Krasnodar)

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago