SOLOPOS.COM - Robert Lewandowski (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Piala Eropa 2016 menjadi pembuktian Robert Lewandowski yang bermain gemilang sepanjang babak kualifikasi.

Solopos.com, SOLO – Polandia menatap Piala Eropa 2016 dengan rekor kualifikasi yang cukup baik. Polandia menjadi satu-satunya tim yang lolos dengan rata-rata gol mencapai 3,3 per pertandingan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polandia sebenarnya memiliki skuat yang cukup stabil untuk menghadapi Euro 2016 Prancis. Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski yang menjadi salah satu bomber paling produktif akan memimpin rekan-rekannya bersaing di Grup C bersama Jerman, Ukraina dan Irlandia Utara.

Polandia berhasil menempati posisi kedua di bawah Jerman pada Grup D dengan catatan 21 poin, meraih 6 kemenangan, 3 imbang dan hanya sekali kalah.

Tahun 2008 jadi kali pertama Polandia tampil di ajang Piala Eropa. Namun mereka tak mampu berbuat banyak. Polandia gagal ke perempat final sebab langkah mereka terhenti di babak penyisihan grup B.

Saat itu, Polandia kalah saing dengan Jerman dan Kroasia. Setelah melakoni tiga pertandingan, Polandia hanya sanggup mengukir satu poin.

Empat tahun berselang, Polandia bersama Ukraina dipercaya UEFA sebagai tuan rumah Piala Eropa. Tapi status itu tak bisa dimanfaatkan oleh Robert Lewandowski dan kawan-kawan. Polandia terpuruk di dasar klasemen grup A karena salah saing dengan dua tim teratas, Yunani dan Republik Ceko.

Andalkan Lewandowski

Kini Polandia kembali berpartisipasi. Mereka lolos usai menyandang status runner up grup D di babak kualifikasi.

Saat ini, Polandia sudah mempersiapkan 28 nama. Dengan begitu, akan ada lima nama yang dicoret sebelum mendaftarkan susunan lengkap untuk putaran final Piala Eropa 2016.

Polandia boleh berbangga sebab mereka mempunyai striker hebat bernama Robert Lewandowski. Dengan modal postur jangkung, pemain berusia 27 tahun itu sukses jadi mesin gol untuk kubu Bayern Muenchen.

Saat ini Lewandowski dipercaya sebagai kapten tim. Banyak orang meyakini bahwa sang pemain bakal jadi tumpuan Polandia saat menghadapi Jerman, Ukraina dan Irlandia Utara di babak penyisihan grup C.

Bersama timnas Polandia, sejauh ini Lewandowski sudah mencatatkan 73 penampilan. Dari kesempatannya tersebut, ia bisa mencetak 34 gol.

Julukan: The White Eagles

Asosiasi: Polski Zwiazek Pilki Noznej (PZPN)

Pelatih: Adam Nawalka

Kapten tim: Robert Lewandowski

Penampilan terbanyak: Michal Zewlakow (102)

Top skor: Wlodzimierz Lubanski (48)

Stadion: National Stadium, Warsawa

Kode FIFA: POL

Peringkat dunia saat ini:
– Tertinggi: 16 (September 2007)
– Terendah: 78 (November 2013)

Statistik Polandia di Kualifikasi Piala Eropa 2016

Menang-Imbang-Kalah: 6 – 3 – 1



Rata-Rata Skor dan kebobolan: 3,3 – 1

Kartu Kuning dan Merah: 19 – 0

Rekor Piala Eropa

1960-2004 – Tidak Lolos

2008-2012 – Putaran Pertama

Skuad Sementara Polandia untuk Piala Eropa 2016

Kiper: Artur Boruc (AFC Bournemouth), Lukasz Fabianski (Swansea City), Wojciech Szczesny (AS Roma), Przemyslaw Tyton (Stuttgart)

Bek: Thiago Cionek (Palermo), Pawe? Dawidowicz (Benfica), Kamil Glik (Torino), Artur Jedrzejczyk (Legia Warszawa), Michal Pazdan (Legia Warszawa), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Maciej Rybus (Terek Grozny), Bartosz Salamon (Cagliari), Jakub Wawrzyniak (Lechia Gdansk)

Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Fiorentina), Kamil Grosicki (Rennes), Tomasz Jodlowiec (Legia Warszawa), Bartosz Kapustka (Cracovia), Grzegorz Krychowiak (Sevilla), Karol Linetty (Lech Poznan), Krzysztof Maczynski (Wis?a Krakow), Slawomir Peszko (Lechia Gdansk), Filip Starzynski (Zaglebie Lubin), Pawel Wszolek (Verona), Piotr Zielinski (Empoli)

Penyerang: Robert Lewandowski (Bayern München), Arkadiusz Milik (Ajax Amsterdam), Artur Sobiech (Hannover), Mariusz Stepinski (Ruch Chorzow)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya