SOLOPOS.COM - Timnas Islandia (Telegraph.co.uk)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan sejumlah debutan.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah negara untuk kali pertama akan tampil di ajang Piala Eropa. Mereka adalah Albania, Iralndia Utara, Islandia, Slovakia, dan Wales yang akan bersaing di Piala Eropa 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga negara yakni Irlandia Utara, Slovakia, dan Wales sebelumnya pernah tampil di ajan Piala Dunia. Sedangkan dua negara lainnya yakni Albania dan Islandia belum pernah belaga di even akbar. Praktis, Piala Eropa 2016 menjadi turnamen besar pertama bagi kedua negara tersebut.

Menjadi debutan, tentu membuat kelima negara tersebut tak terlalu diunggulkan. Meski begitu, mereka bisa saja menjadi kuda hitam. Terlebih beberapa negara memiliki materi yang cukup mumpuni. Selain itu, musim ini juga banyak menghadirkan kejutan terutama Leicester City yang menjadi juara Liga Premier Inggris 2015/2016.

Berikut sedikit ulasan mengenai para debutan Piala Eropa yang dirangkum dari BBC, Rabu (8/6/2016):

Albania

Albania saat ini menduduki peringkat ke-42 dunia. Mereka tergabung di grup A Piala Eropa 2016 bersama tuan rumah Prancis, Ruimania, dan Swiss. Di Laga pertama mereka akan berhadapan dengan Swiss pada 11 Juni 2016 mendatang.

Dalam catatan BBC, Albania hanya melepaskan total 28 tembakan selama babak kualifikasi. Jumlah itu menjadi yang paling rendah di antara para kontestan Piala Eropa 2016. Meski begitu mereka mampu lolos ke putaran final.

Albania menjadi runner up grup I babak kualifikasi Piala Eropa 2016 di bawah Portugal. Albania mengalahkan tim-tim yang lebih tenar sekelas Denmark dan Serbia.

Slovakia

Slovakia kini menempati posisi ke-24 peringkat FIFA. Mereka tergabung di Grup B Piala Eropa 2016 bersama Inggris, Rusia, dan Wales. Slovakia akan menjalani partai pertama dengan menghadapi Wales pada 11 Juni 2016 mendatang.

Di babak kualifikasi, Slovakia sempat menjadi penghalang Spanyol untuk meraih hasil sempurna. Slovakia memutus rentetan kemenangan Spanyol di babak kualifikasi grup C dengan kemenangan 2-1.

Slovakia memiliki sejumlah pemain tenar. Sebut saja kapten Martin Skrtel yang bermain untuk Liverpool, Marek Hamsik di Napoli, dan Juraj Kucka di AC Milan. Satu nama lagi yang tak boleh dilupakan adalah gelandang Vladimir Weiss.

Menurut catatan BBC, Weiss yang kini bermain untuk klub asal Qatar, Al-Ghrafa, berhasil mencatatkan enam assist di babak kualifikasi. Torehan itu menjadi yang tertinggi bersama Arkadiusz Milik dari Polandia dan Eran Zahavi dari Israel.

Wales

Saat ini, Timnas Wales menduduki peringakat ke-26 FIFA. Wales lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 dan tergabung dalam grup B bersama Inggris, Slovakia, dan Rusia. Meski cukup dikenal, Wales merupakan debutan di ajang Euro.

Wales memiliki materi yang cukup bagus. Sebut saja bintang Real Madrid, Gareth Bale, Aaron Ramsey (Arsenal), dan Joe Allen (Liverpool). Ketiganya pun akan menjadi tumpuan Wales untuk bisa lolos ke fase knock-out.

Menurut catatan BBC, Bale menjadi pemain yang paling berpengaruh untuk Wales. Dia mencetak 64% dari 11 gol Wales dalam kualifikasi. Jumlah itu merupakan sebuah proporsi paling tinggi dari seorang pemain dari tim-tim yang lolos ke Prancis.

Di posisi kedua ada Zlatan Ibrahimovic dengan 58% untuk Swedia, Cristiano Ronaldo (46% buat Portugal), Artem Dzyuba (44% untuk Rusia), dan Kyle Lafferty (44% buat Irlandia Utara).

Irlandia Utara

Berada di peringkat ke-25 dunia menjdai prestasi tersendiri bagi Irlandia Utara. Terlebih kini mereka bisa lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 dan tergabung di Grup C bersama Jerman, Polandia, dan Ukraina.

Irlandia Utara lolos ke putaran final setelah melewati fase kualifikasi secara impresif, yakni menjadi juara grup dan cuma kalah sekali. Grup itu dihuni oleh negara-negara seperti Rumania, Hungaria, Finlandia, dan juga Yunani.

Menurut BBC, Irlandia Utara juga berbekal hasil yang impresif. Mereka tengah menjalani rentetan tak terkalahkan terpanjang di antara tim-tim peserta Piala Eropa 2016 lainnya. Ya, Irlandia Utara belum terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir.

Islandia



Islandia juga merupakan debutan di Piala Eropa 2016. Mereka menampati posisi ke-34 peringkat FIFA. Di Piala Eropa 2016, Islandia tergabung dalam Grup F dan akan bersaing dengan Portugal, Austria, dan Hungaria.

Islandia sendiri melewati babak kualifikasi dengan hasi yang gemilang. Mereka mencatatkan enam kemenangan, dua seri, dan dua kekalahan dari 10 laga. Menariknya kemenangan-kemenangan itu di antaranya dicatatkan atas Turki (3-0 di kandang), Republik Ceko (2-1 di kandang), dan dua kali atas Belanda (2-0 di kandang dan 1-0 di tandang).

Islandia pun lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 sebagai runner up di bawah Republik Ceko yang menjadi juara grup. Mereka berada di atas Turki dan Belanda. Menurut catatan BBC, Islandia menjadi negara terkecil yang lolos ke Piala Eropa 2016 dengan populasi hanya 330.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya