SOLOPOS.COM - Para pemain Prancis U-20 berambisi besar mengukir sejarah merebut trofi Piala Dunia U-20 dengan mengalahkan Uruguay U-20 di Stadion Turk Telekom Arena, Istanbul, Minggu (14/7/2013) dini hari WIB. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Prancis U-20 berambisi besar mengukir sejarah merebut trofi Piala Dunia U-20 dengan mengalahkan Uruguay U-20 di Stadion Turk Telekom Arena, Istanbul, Minggu (14/7/2013) dini hari WIB. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Prancis U-20 berambisi besar mengukir sejarah merebut trofi Piala Dunia U-20 dengan mengalahkan Uruguay U-20 di Stadion Turk Telekom Arena, Istanbul, Minggu (14/7/2013) dini hari WIB. DokJIBI/SOLOPOS/Reuters

ISTANBUL—Prancis dan Uruguay memiliki ambisi sama besar ketika berhadapan di final Piala Dunia U-20 2013, Minggu (14/7) dini hari WIB. Keduanya berhasrat mengklaim gelar juara turnamen ini untuk kali pertama. Tak salah jika memprediksi duel ini akan berjalan alot dan super sengit.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Awalnya, kedua tim ini tidak difavoritkan bisa melaju hingga final. Baik Prancis maupun Uruguay hanya finis ketiga di masing-masing kualifikasi di zona mereka masing-masing.

Memasuki turnamen ini, baik Prancis maupun Uruguay menjalani start tidak meyakinkan pada fase penyisihan grup. Prancis dan Uruguay masing-masing hanya menjadi runner-up Grup A dan F dengan pernah menelan sekali kekalahan. Namun mesin serangan kedua tim semakin memanas ketika menapaki babak 16 besar.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati begitu, performa dan hasil yang dicapai Prancis untuk melaju ke final lebih meyakinkan jika dibandingkan Uruguay. Prancis melumat tim tuan rumah Turki dengan skor 4-1 di babak 16 besar sebelum kemudian menumbangkan Uzbekistan empat gol tanpa balas di perempat final. Pasukan muda Les Blues juga tampil penuh percaya diri ketika mengeliminasi Ghana dengan skor 2-1 di semifinal.

Sementara laju Uruguay menuju partai puncak cukup berliku. Di babak 16 besar Uruguay menang tipis 2-1 atas Nigeria dan butuh menjalani babak tambahan waktu untuk mengalahkan Spanyol dengan skor 1-0 di perempat final.

Di semifinal, Uruguay nyaris disingkirkan Irak sebelum tiga menit menjelang laga berakhir Gonzalo Bueno menyelamatkan hasil imbang yang memaksakan adu penalti. Dalam adu tos-tosan itu Dewi Fortuna rupanya lebih berpihak pada Uruguay yang menang adu penalti 7-6 atas Irak.

Meski terseok-seok menuju final, skuat muda Le Celeste memperlihatkan kualitas semangat juang tinggi dan pantang menyerah. Inilah yang paling diwaspai Prancis ketika berhadapan dengan Uruguay di Stadion Turk Telekom Arena, Istanbul.

Bek Uruguay, Gianni Rodriguez, menjanjikan timnya menyulitkan Prancis yang di final ini difavoritkan menjadi pemenang. “Kami hanya negara kecil namun kami memiliki hasrat sepak bola yang sangat besar,” ujar Rodriguez dilansir fifa.com, Jumat (12/7).

“Ini merupakan final kali kedua beruntun bagi Uruguay setelah U-17 di Meksiko. Hal itu membuktikan kami melakukan banyak hal bagus dalam pengembangan pemain muda. Namun kali ini kami tidak ingin berakhir dengan kekecewaan. Jika kami di final, kami di sana untuk memenanginya,” imbuh dia.

Terpisah, pelatih Prancis U-20, Pierre Mankowski, menyadari kekuatan Uruguay harus benar-benar diperhitungkan namun dia percaya pasukannya bisa pulang dengan trofi juara di tangan. “Saya percaya para pemain ingin membahagiakan publik Prancis di turnamen ini,” kata Mankowski dilansir bugun.com.

“Kami memiliki tim bagus namun kami tahu Uruguay juga memiliki para pemain bagus. Mereka mengalahkan Brazil, Spanyol. Namun kami jelas ingin menang,” imbuh Mankowski.

Jika mengalahkan Uruguay, Prancis akan menjadi wakil Eropa pertama yang memenangi turnamen ini sejak kesuksesan Spanyol di 1999. Di mana itu merupakan kesuksesan tim Eropa di kompetisi ini dalam 20 tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya