Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Dibuka Menpora, Mimpi Indonesia Jadi Kenyataan

Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta diikuti ratusan atlet dari 27 negara.
SHARE
Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Dibuka Menpora, Mimpi Indonesia Jadi Kenyataan
SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali (ketiga dari kanan) secara resmi membuka Piala Dunia Panjat Tebing 2022 atau ISFC World Cup Jakarta 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). (Antara/Muhammad Ramdan)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, secara resmi membuka Piala Dunia Panjat Tebing 2022 atau ISFC World Cup Jakarta 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Amali menyampaikan rasa bangga karena Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) pimpinan Yenny Wahid mampu membawa gelaran bergengsi ini ke Indonesia.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Hari ini menjadi luar biasa. Mimpi kita yang sudah lama baru terwujud untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing. Saya mengapresiasi FPTI karena Indonesia akhirnya bisa menyelenggarakan event sebesar ini,” kata Menpora.

Sebagai cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Amali berharap atlet Indonesia bisa meraih hasil terbaik sekaligus bisa memecahkan rekor dunia yang saat ini juga dipegang oleh atlet Merah Putih yakni Kiromal Katibin dengan 5,00 detik untuk nomor speed putra.

“Semoga rekor dan juara dunia yang kita miliki tetap dipertahankan dan rekornya bisa kita pecahkan di ajang ini. Lalu, kita harapkan ke depan bisa menghasilkan medali pada saat Olimpiade Paris 2024 mendatang,” ungkap Menpora dikutip dari Antara.

Baca Juga: Wow, Pemanjat Tebing Kiromal Katibin 5 Kali Pertajam Rekor Dunia

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, mengungkapkan gelaran ini bisa terwujud setelah penantian panjang.

“Setelah menunggu bertahun tahun akhirnya ajang internasional panjat tebing bisa diadakan di Indonesia. Hari ini, ratusan atlet dari 27 negara berkumpul di Indonesia. Para atlet akan bertanding untuk memperebutkan medali-medali yang sudah disediakan dan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita semua akan naik lebih tinggi, lebih cepat, dan lebih kuat,” ujar Yenny.

Berdasarkan data dari FPTI, Indonesia menurunkan 42 atlet yang terdiri atas 22 atlet speed dan 20 atlet lead, dengan rincian dari kategori speed putra 12 orang dan putri 10 orang, sedangkan kategori lead 10 putra dan 10 putri.

Baca Juga: Jeda Kompetisi Jelang Hadapi Persis, Pelatih PSM: Pada Akhirnya Kami akan Kalah

Dari jumlah atlet yang turun dua atlet Indonesia Kiromal Katibin maupun Veddriq Leonardo berpeluang memenangi gelar juara umum kategori speed Piala Dunia musim 2022 di Jakarta, yang menjadi seri penutup rangkaian Piala Dunia Panjat Tebing 2022 untuk kategori speed.

Berdasarkan catatan Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), kedua atlet Indonesia ini menduduki posisi pertama dan kedua klasemen sementara Piala Dunia 2022 nomor speed.

Veddriq, yang menjadi juara umum speed putra edisi tahun lalu, berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 3910 poin, diikuti Katibin di posisi kedua dengan 3275 poin.

Baca Juga: Pengumuman Pelatih Persis Solo Kian Dekat, Nama Kandidat Asal Portugal Menguat

Apabila Veddriq atau Katibin bisa menjadi yang tercepat dalam kejuaraan di Jakarta nanti maka salah satu di antara mereka akan mendapat tambahan 1000 poin dan memastikan gelar juara umum Piala Dunia 2022 speed putra.

Peluang Veddriq dan Katibin untuk menjadi juara umum hanya bisa dijegal apabila wakil Spanyol, Erik Noya Cardona, menjadi juara di seri Jakarta nanti.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode